Breaking News:

Gunardi Ungkap Keberadaan Perusahaan Belum Sejahterakan Masyarakat Sintang

Di luar bagi hasil pola kemitraan, masih ada juga timbul masalah lain, seperti Tanah Kas Desa (TKD) yang belum terlaksana, CSR, hingga hubungan kopera

Penulis: Agus Pujianto
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUN PONTIANAK/ISTIMEWA/PT CMI
PT Cita Mineral Investindo, Tbk bagikan paket sembako kepada masyarakat pra sejahtera, lansia, dan janda kurang mampu yang bertempat di Desa Istana, Kecamatan Sandai dan Desa Karya Baru, Kecamatan Marau, Ketapang, Kalbar Sabtu (18/4/2020). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,SINTANG - Kepala Bidang Pengembangan Perkebunan pada Distanbun Kabupaten Sintang, Gunardi mengatakan keberadaan perkebunan tujuan akhirnya kesejahteraan masyarakat. Akan tetapi, sampai sekarang masih banyak muncul berbagai macam persoalan.

"Perkebunan itu tujuan akhirnya kesejahteraan masyarakat, hanya sayangnya sampai sekarang masih perlu ditingkatkan lagi berbagai macam hal, misalnya dengan pendapatan hasil dari pola kemitraan yang telah berjalan," kata Gunardi.

Di luar bagi hasil pola kemitraan, masih ada juga timbul masalah lain, seperti Tanah Kas Desa (TKD) yang belum terlaksana, CSR, hingga hubungan koperasi dengan perusahaan berkaitan dengan kemitraan yang ada.

Jabat Pjs Bupati Sintang, Florentinus Anum: Dapat Amanah Jaga Netralitas ASN

"Banyak target yang harus saya selesaikan, termasuk TKD. Kami ditarget 5 Desember harus selesai. Kami akan merencanakan langkah untuk mencapainya, walaupun nanti hasilnya kurang memuaskan. Paling tidak, kami berusaha," ungkap Gunardi.

Menurut Gunardi, beberapa desa dan perusahaan sudah menyelesaikan Tanah Kas Desa. Namun, sebagian besar belum tuntas.

"Kendalanya pertama, kades belum bisa menunjukan tanah kas desa itu sendiri yang minimal 5 hekatare. Sehingga pihak perusahaan tidak bisa memfasilitasi pembangunan kebunnya, sehingga kades akan memilih cara lain dalam perbup, dan itu perlu konsultasi baik antara kades dan perusahaan," ungkapnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved