Breaking News:

Hasil Survei Tingkat Kepatuhan Disiplin Protokol Covid-19 Warga Pontianak di Bawah 70 Persen

Disebutkan Kadiskes bahwa di wilayah Pontianak barat kepatuhan masyarakat dalam memakai masker masih 62,5% dan di wilayah Pontianak Kota masih 69 %

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Zulkifli
TRIBUNPONTIANAK/Muhammad Rokib
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK -  Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu mengatakan dari hasil survei yang dilakukan terhadap masyarakat Kota Pontianak dalam kepatuhan protokol kesehatan Covid-19 masih dibawah rata-rata 70 persen.

Hal itu diungkapkan Handanu atas hasil survei dibeberapa tempat keramaian, khususnya di berbagai pasar tradisional di seluruh kecamatan di Kota Pontianak.

Disebutkan Kadiskes bahwa di wilayah Pontianak barat kepatuhan masyarakat dalam memakai masker masih 62,5% dan di wilayah Pontianak Kota masih 69% saja.

Kemudian di wilayah Pontianak Selatan masih 66%.

"Pontianak Tenggara sudah cukup baik sekitar 88,5% dalam kepatuhan memakai masker," katanya, Selasa (22/9/2020).

Terjaring Razia Masker, Ratusan Petugas di Singkawang Ini Dikenakan Sanksi Sosial

Sedangkan di wilayah Pontianak Timur dikatakannya masih sangat rendah yakni 47%, dan di wilayah Pontianak Utara masih 64%.

"Rata-rata belum mencapai 70 persen kepatuhan masyarakat dalam memakai masker," kata Sidiq Handanu.

Dari survei tersebut dikatakan Handanu masih hanya kepatuhan dalam pemakaian masker saja, dalam artian masih belum survei kualitas pemakaian masker yang digunakan oleh setiap orang.

Karena dinilainya, banyak macam masker yang digunakan oleh masyarakat, seperti masih banyaknya masyarakat yang memakai masker merk Scuba yang bisa molor.

Masker itu dikatakannya hanya bisa melindungi seseorang dari bahayanya Covid-19 dengan persentase  0,5 persen saja.

Dari itu, dikatakan Kadiskes tentu dalam pemakaian masker harus diperhatikan juga oleh masyarakat demi keamanan agar tak tertular dari virus Covid-19.

"Dan masker bukan hanya satu-satunya cara protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, tetapi waktu berkumpul juga dan jaga jarak, serta cuci tangan dan tak diperkenankan menyentuh sekitaran wajah jika tangan belum steril," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved