Breaking News:

Budi Basadi Minta Gubernur Percepat Kerjasama dengan Untan Pontianak untuk Pengembangan Kratom

Hal ini menyusul adanya satu diantara enam raperda yang diajukan Pemprov Kalbar pada rapat Paripurna, Rabu 16 September 2020 lalu.

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Zulkifli
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SAHIRUL HAKIM
ILUSTRASI_Seorang petani daun kratom di Putussibau saat menjemur daun kratom, yang nantinya akan dijual ke penampung. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Fraksi PKS-PPP, Budi Basadi meminta agar Gubernur Kalbar, Sutarmidji segera melakukan kerjasama dengan Universitas Tanjungpura (Untan) di Pontianak untuk pengembangan komoditi Kratom.

Hal ini menyusul adanya satu diantara enam Raperda yang diajukan Pemprov Kalbar pada rapat Paripurna, Rabu 16 September 2020 lalu.

Raperda yang dimaksud ialah pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor Narkotika.

"Maka untuk saudara Gubernur perlu mempercepat kerjasama dengan Untan khususnya untuk melakukan penelitian tentang kratom agar ada kepastian dalam budi daya atau perdagangan karena di masyarakat masih ada keraguan tentang pembatasan pada tahun 2022, walaupun Menteri Pertanian melalui Kepmentan nomor 104 tahun 2020 telah menetapkan kratom dalam kategori komoditas tanaman obat atau herbal," katanya, Jumat (18/09/2020) kepada Tribun.

Anggota DPRD Kalbar Dorong Perguruan Tinggi Lakukan Swab Test Bagi Mahasiswa

Untuk itu, kata legislator dapil Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu ini, perlindungan kepada petani dan pembudidaya wajib dilakukan karena industri ini sangat membantu.

Dimulai dari penanam, kata dia, pemetik, pengolah, sampai kepada penampung yang mana ada puluhan sampai ratusan ribu baik secara langsung maupun tidak langsung terlibat pada komoditas ini yang hasilnya Kratom sangat membantu perekonomian masyarakat Kapuas Hulu karena kratom mampu menggerakan roda perkonomian dari hulu sampai hilir.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved