Breaking News:

Citizen Reporter

Paulus Mashuri: Jangan Mandai-mandai Buat Berita

Jadi jurnalis itu, jangan mandai-mandai untuk nambah berita alias jurnalis 'MM,' tulislah berita sesuai dengan apa yang terjadi.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
PELATIHAN - Pelatihan radio di Jl. Imam Bonjol No.338, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243. 

Citizen Reporter
Komsos Keuskupan Agung Pontianak Samuel

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Paulus Mashuri:Jangan Mandai-mandai Buat Berita.

Hal tersebut diungkapkan oleh Paulus Mashuri sebagai ketua Komunikasi Sosial Keuskupan Agung Pontianak kepada empat mahasiswi dari Institut Agama Islam Negeri Pontianak, dalam pelatihan radio di Jl. Imam Bonjol No.338, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243.

Pelatihan satu hari ini, dilaksanakan pada hari Kamis 17 September 2020 di Aula Rapat KomsosKAP ditemani oleh Sdr. Fransiskus Edy, OP sebagai Manajer Stasiun dari Radio Diah Rosanti yang memang adalah Radio milik Keuskupan Agung Pontianak, dan Udin sebagai kakak seneor di Radio Diah Rosanti untuk menemani empat mahasiswi dari Institut Agama Islam Negeri Pontianak.

Dalam materi yang disampaikan oleh Paulus, ia menjelaskan prinsip-prinsip dan poin penting dari seorang Jurnalis, yaitu mengutamakan fakta terlebih karakter diri yang tahan banting.

Login https://dashboard.prakerja.go.id/masuk Daftar Kartu Prakerja Gelombang 9 Dapat Rp 3,5 Juta

Dalam sesi tersebut ia juga membedakan antara menjadi seorang jurnalis radio dan penulis jurnalistik.

Oleh sebab itu, hal yang harus diutamakan dalam peliputan dan menyajikan berita tidak boleh ditambah-tambah.

Jika A katakan A, jika B maka katakan B.

"Jadi jurnalis itu, jangan mandai-mandai untuk nambah berita alias jurnalis 'MM,' tulislah berita sesuai dengan apa yang terjadi," ujarnya.

Update Cara Daftar BLT UMKM Banpres Terbaru Dapat Bantuan Rp 2,4 Juta dari Presiden Jokowi

Sebagai manajer stadiun di Radio, Sdr. Fransiskus Edy, OP mengaku bahwa kadang ilmu teori yang didapat bangku kuliah harus dilengkapi juga dengan ilmu praktek.

Maka dari itu, pelatihan ini adalah informasi tambahan untuk mahasiswi yang magang di Radio Diah Rosanti.

"Harapan kami sebagai orang tua yang mengasuh mereka dalam magang di Radio Diah Rosanti, kedepannya ilmu tambahan yang mereka latih dan telah mereka dapatkan, bisa menjadi bekal mereka bekerja kedepan," ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa ilmu yang mereka dapat selama mereka dimagang di Radio, bisa juga mereka terapkan dalam bidang pekerjaan lain. (*)

Ramalan Zodiak Kamis 17 September 2020, Aries Waspada Muncul Masalah, Cancer Energi Melonjak

Ramalan Shio Kamis 17 September 2020, Kerbau Luangkan Waktu, Monyet Sedikit Stres

Editor: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved