Breaking News:

M Amri Nilai Langkah Preventif Karhutla di Kubu Raya Sangat Tepat

Namun, ia mengatakan, langkah tersebut harus benar-benar sampai tingkat Pemerintah Desa yang sering bersentuhan langsung dengan bencana ini.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA/ BMKG stasiun Meteorologi Kelas I Supadio
Grafik potensi kemudahan terjadi Karhutla di Kalbar. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kubu Raya, M Amri menilai bahwa, upaya preventif dalam menyikapi ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sudah sangat tepat.

Namun, ia mengatakan, langkah tersebut harus benar-benar sampai tingkat Pemerintah Desa yang sering bersentuhan langsung dengan bencana ini.

"Kebakaran hutan dan lahan ini memang harus menjadi perhatian serius pemerintah daerah dan langkah pemerintah daerah dengan memberikan penyuluhan dan sosialisasi tentu ini sudah langkah tepat.

Wabup Sujiwo Tegaskan Pentingnya Upaya Pencegahan Karhutla Sebelum Penanggulangan

"Dan juga penyuluhan ini harus benar-benar sampai di tingkatan desa yang memiliki potensi karhutla," ungkap M Amri kepada Tribun, pada Rabu (16/9).

Selain itu, Legislator dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga menyampaikan bahwa pemerintah daerah juga perlu memerintahkan setiap desa yang memiliki potensi Karhutla untuk segera membentuk tim penanganan karhutla.

"Dan mewajibkan desa tersebut untuk dapat mengalokasikan dana desa untuk kegiatan penanggulangan karhutla tersebut," paparnya.

"Dan tentu koordinasi antara tim karhutla daerah perlu terus dilakukan kepada seluruh pihak, termasuk pihak perusahaan yang berinvestasi di kubu raya terkait upaya penanggulangan karhutla itu sendiri," tegasnya.
 

--

Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Zulkifli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved