Breaking News:

Langkau Onet Produksi Film Dokumenter 'Ngamik Semengat Padi', Gandeng Erick Est Sutradara Asal Bali

Jarot Winarno menegaskan Untuk menjaga keberadaan adat budaya, perlu peran milenial yang miliki minat tinggi terhadap budaya.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Erick Est, sutradara kenamaan dari pulau dewata berkolaborasi menggarap film dokumenter bersama dengan Langkau Onet. Pemilik rumah produksi Estmovie yang berpusat di Bali, diboyong langsung oleh Langkau Onet untuk membantu produksi film dokumenter yang digarap di Desa Pakak, Kecamatan Kayan Hilir, Kabupaten Sintang. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,SINTANG - Erick Est, sutradara kenamaan dari pulau dewata berkolaborasi menggarap film dokumenter bersama dengan Langkau Onet.

Organisasi lokal di Sintang yang bergerak di bidang sosial, budaya dan lingkungan, ini mendapatkan kepercayaan dari Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menggarap film dokumenter.

Pemilik rumah produksi Estmovie yang berpusat di Bali, diboyong langsung oleh Langkau Onet untuk membantu produksi film dokumenter yang digarap di Desa Pakak, Kecamatan Kayan Hilir, Kabupaten Sintang.

Selama beberapa hari terakhir, pria dengan nama lengkap Erick Ebet Sabungan Tambungan ini berjibaku ke pedalaman sintang untuk melihat dan mengabadikan ritual adat Ngamik Semengat Padi.

Pria yang sudah menyutradarai ratusan video klip dan film pendek ini terjun merasakan langsung berjalan kaki berjam-jam, menerabas banjir, merasakan hidup tanpa listrik dan penerangan di desa penghasil cabai Pakak tersebut.

Lembaga Sensor Film: Sensor Mandiri agar Tontonan Konstruktif dan Positif

Menempuh medan berat sudah biasa bagi Erick. Apalagi, pada saat produkai Film The Long Sa'an, medan yang ditempuh lebih berat lagi, tepatnya berada di pedalaman Kaltim.

"Kita barus saja pulang dari Desa Pakak, di Kecamatan Kayan Hilir untuk syuting Ngamik Semengat Padi, tentang roh padi yang diyakini oleh masyarakat Dayak. Saya sangat senang melihat budaya ini masih ada, dan saya terlibat dalam mendokumentasikannya. Ini suatu kebanggaan tersendiri untuk saya," kata sutradara yang pernah menggarap video klip Naviculla, Superman Is Dead, hingga video klip bintang Norwegia Idol, Jonas Thomassen ini.

'Ngamik Semengat Padi' merupakan ritus panen dalam masyarakat Dayak. Pada umumnya ritus ini merukan ritus inti dari Gawai Nyelepat Tahun, penanda tahun perladangan yang satu dengan yang lain. Pada kalender tahunan biasanya berlangsung pada bulan Mei-Juli setiap tahunnya.

Ritus ini merupakan bentuk ucapan syukur masyarakat Dayak atas hasil pangan yang diperoleh pada tahun perladangan dan berdoa agar pada musim tanam berikutnya hasil pertanian juga akan tetap baik.

Ritual ini berlangsung mulai dengan mengumpulkan benih di tempat yang sudah d lisepakati. Pada malam hari orang berkumpul di ruai rumah panjang untuk mendengarkan kisah perjalanan ruh padi berperahu dari tanah jawa menyusuri sungai demi sungai hingga ke kampung dan naik ke rumah. Kisah perjalanan tersebut dinyanyikan sepanjang malam dengan diselingi tabuhan gong dan ketebung/gendang panjang atau alat musik lainnya.

Deretan Fakta Menarik Sosok Pemeran Bu Tejo dalam Film Tilik, Kini Banyak Dimintai Foto

Halaman
12
Penulis: Agus Pujianto
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved