Breaking News:

Dinkes Kapuas Hulu Imbau Warga Waspada Penyakit Pasca Banjir

Faktor pendorongnya yakni, kondisi cuaca yang tidak stabil, sanitasi tempat pengungsian yang buruk.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SAHIRUL HAKIM
Kondisi banjir di wilayah Putussibau dan sekitarnya, mengakibatkan aktivitas masyarakat lumpuh total, Rabu (16/9/2020). Banjir sudah berangsur surut. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu mengingatkan kepada seluruh masyarakat, apabila pasca banjir, sangat rawan penyakit yang menyerang Kesehatan seperti, diare, ISPA, Penyakit Kulit, dan Leptospirosis.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Ade Hermanto menyatakan, untuk mencegah penyakit yang timbul pasca banjir tersebut, seperti mengenakan masker saat membersihkan rumah pasca banjir, mencuci tangan dengan sabun, makan makanan yang hygienis dan bergizi seimbang.

"Terus paling penting juga adalah, harus berprilaku hidup bersih dan sehat, konsumsi vitamin, dan hingga menghindari anak untuk bermain air banjir yang terlalu sering dan lama," ujarnya kepada Tribun, Rabu (16/9/2020).

Polres Melawi Salurkan Bantuan 100 Kilogram Ikan Segar untuk Korban Banjir dari Warga

Ade menjelaskan, penyakit diare, dapat disebabkan dari konsumsi makanan dan minuman, serta kebersihan yang kurang higienis terutama selama banjir.

"Saat banjir berlangsung banyak tumpukan sampah, dan kotoran bercampur ke dalam rumah serta menempel di tubuh," ucapnya.

Selain itu juga kata Ade, para pengungsi korban banjir juga bisa terkena diare.

Faktor pendorongnya yakni, kondisi cuaca yang tidak stabil, sanitasi tempat pengungsian yang buruk.

"Terus adalah, sulitnya mendapat air bersih," ujarnya.

Kemudian, penyakit Tipoid, dimana penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica yang terdapat dalam makanan, dan minuman yang kurang higienis terutama selama banjir.

"Saat banjir berlangsung banyak tumpukan sampah dan kotoran bercampur ke dalam rumah dan menempel di tubuh.

Halaman
123
Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Zulkifli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved