Breaking News:

Banjir di Putussibau Sudah Berangsur Surut, Segini Ketinggian Air

Pada saat kondisi banjir, dirinya bersama keluarga dan warga lainnya mengungsi di Rumah MABM Kapuas Hulu.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SAHIRUL HAKIM
Kondisi banjir di wilayah Putussibau dan sekitarnya, mengakibatkan aktivitas masyarakat lumpuh total, Rabu (16/9/2020). Banjir sudah berangsur surut. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Kondisi banjir di wilayah Kecamatan Putussibau Selatan dan Putussibau Utara, sudah berangsur surut, biarpun sejumlah titik ruas jalan, dan pemukiman warga masih terlihat terendam, Rabu (16/9/2020) pukul 09.30 WIB.

Seorang korban banjir di Jalan Budaya, Kedamin Hulu, Kecamatan Putussibau Selatan, Alam menyatakan kondisi banjir di tempatnya sudah berangsur surut.

"Sekarang ketinggian air dalam rumah hanya sampai mata kaki, dan sebelumnya ketinggian sampai selutut orang dewasa," ujar Alam kepada Tribun.

Pada saat kondisi banjir, dirinya bersama keluarga dan warga lainnya mengungsi di Rumah MABM Kapuas Hulu.

Aksi Peduli, Polisi Bagikan Sembako Kepada Korban Banjir di Putussibau Kapuas Hulu

"Ada juga warga menginap ke rumah keluarganya yang belum banjir, dan masih tetap bertahan di rumah, karena ada rumah bertingkat dua," ucapnya.

Alam berharap, kondisi banjir segera surut sampai aktivitas kembali normal seperti biasanya. "Hingga sekarang akses masih lumpuh, dimana listrik mati total dan ditambah lagi air ledeng tidak mengalir," ungkapnya.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Kapuas Hulu, Muhammad Hatta membenarkan, kondisi banjir di wilayah Putussibau Selatan dan Putussibau Utara, sudah berangsur surut.

"Biarpun sudah berangsur surut masih lumpuh aktivitas masyarakat, karena kondisi air masih dalam," ujarnya.

Hatta menuturkan, kalau air terus berangsur surut, diperkirakan 2 atau 3 hari aktifitas masyarakat akan kembali normal seperti biasanya.

"Diharapan jangan sampai ada turun hujan di daerah perhuluan sungai Kapuas, karena akan terancam kembali banjir susulan," ungkapnya. 

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved