Breaking News:

Kadiskes Kalbar Umumkan Kluster Seminari Sintang Bertambah Menjadi 30 Siswa Terkonfirmasi Covid-19

Harisson menyampaikan bahwa 25 orang kasus konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Sintang merupakan siswa Seminari berdasarkan pemeriksaan dari unit mobile

Penulis: Anggita Putri | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA/Prokopim
Bupati Sintang, Jarot Winarno menjenguk siswa seminari yang terkonfirmasi positif corona yang dirawat di RIM RSUD Ade M Djoen Sintang. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson mengumumkan bahwa ada tambahan 26 kasus konfirmasi covid-19, Senin (14/9/2020).

Ia mengatakan pada 14 September 2020 Kalbar mendapat tambahan kasus konfirmasi covid-19 sebanyak 26 orang, yang tersebar di Kabupaten Sintang sebanyak 25 orang dan Kota Pontianak 1 orang.

Harisson menyampaikan bahwa 25 orang kasus konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Sintang merupakan siswa Seminari berdasarkan pemeriksaan dari unit mobile PCR yang dimiliki Kabupaten Sintang .

“Jadi 25 orang ini merupakan hasil tracing dari 5 orang yang terlebih dahulu terkonfirmasi COVID-19. Sehingga ada 30 orang yang dinyatakan positif Covid-19 dan semuanya adalah siswa di sekolah seminari,” ujarnya.

BREAKING NEWS - Klaster Seminari Sintang Bertambah, 25 Penghuni Asrama Terkonfirmasi Covid-19

Ia menambahkan bahwa sudah dilakukan tracing dan testing atau pemeriksaan dengan jumlah 98 orang termasuk guru , tukang masak dan siswa . Namun 30 orang yang terkonfirmasi Covid-19 semuanya adalah siswa di Sekolah Seminari.

“Jadi sekolah Seminari di Sintang ini juga dilakukan lockdown selama 14 hari, siswanya tetap di asrama karena banyak yang dari Kabupaten Kota. Siswa juga tidak boleh keluar dan tidak boleh menerima tamu,” tegasnya.

Selain itu dikatakannya orang tidak boleh keluar masuk di sekolah ini. Selanjutnya dinas kabupaten Sintang yang akan memonitor pelaksanaan tindakan isolasi di Sekolah seminari .

Ia mengatakan bahwa 30 orang siswa Seminari yang telah dinyatakan kasus konfirmasi Covid-19 saat ini telah dilakukan isolasi mandiri . Asrama Seminari saat ini dijadikan tempat isolasi para siswa tersebut.

Lima Siswa Penghuni Asrama Positif Corona, Berikut Keterangan Rektor Seminari

“Saat ini 30 orang siswa ini diisolasi di asrama seminari. Mereka yang hari ini dinyatakan positif semuanya tanpa gejala, kecuali yang 5 orang sebelumnya mempunyai gejala seperti demam ,batuk ,pilek, kehilangan indra penciuman,” jelasnya.

Ia mengatakan untuk kluster seminari Sintang ini merupakan transmisi lokal, mereka ini sebelumnya sudah diswab dan negatif. Lalu mereka melaksanakan tatap muka di asrama.

“Jadi ada kemungkinan mereka ada tatap muka dan berjumpa di asrama tersebut, dan orang dari luar yang menularkan siswa di seminari ini,” ucapnya.

Ia menambahkan hari ini juga ada kasus sembuh sebanyak 6 orang yakni di Kota Singkawang 2 orang yang merupakan Wali Kota Singkawang dan suami, serta 4 orang lainnya merupakan satu keluarga dari klaster Jember di Kapuas Hulu.

Jadi total kasus konfirmasi Covid-19 di Kalbar saat ini mencapai 780 kasus konfirmasi , kasus sembuh 655 orang, dan meninggal 6 orang. Sedangkan kasus aktif pada hari ini ada 119 orang. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved