Breaking News:

Gebyar Keaksaraan Terancam Ditiadakan Disdikbud Kalbar Tahun Ini

Namun Disdikbud Kalbar belum bisa memastikan pelaksanaan kegiatan Gebyar Keaksaraan akan dilakukan pada tahun 2020 ini.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANGGITA PUTRI
Kadisdik Kalbar, Sugeng saat memantau suasana Simulasi di SMA Negeri 1 Pontianak,Rabu (2/9/2020). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Gebyar keaksaraan fungsional merupakan satu di antara kegiatan tahun Dinas Pendidikan dalam rangka memperingati hari aksara internasional yang jatuh pada bulan Oktober mendatang.

Namun Disdikbud Kalbar belum bisa memastikan pelaksanaan kegiatan Gebyar Keaksaraan akan dilakukan pada tahun 2020 ini.

" Untuk tahun 2020 ini kami belum memastikan akan mengadakan gebyar keaksaraan karena saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, sehingga anggaran difokuskan pada penanganan Covid-19"

Gebyar Keaksaraan Fungsional sendiri merupakan satu di antara penghargaan penggiat pemberantas buta aksara karena merasa dihargai.

"Setiap ilmu harus terus diasah agar tidak hilang, begitu pula dalam hal literasi jika setelah belajar tidak asah orang bisa lupa apalagi masyarakat yang mengikuti pembelajaran sudah cukup tua "ungkap Kadisdik Kalbar, Sugeng.

JADWAL Siaran Langsung Liverpool Vs Leeds United Liga Inggris Live Mola TV - Duel Juara Vs Juara

Meski tidak memberikan kontribusi secara langsung bagi masyarakat dan tutor tetapi menjadi motivasi kepada tutor untuk berinovasi dalam pengajaran.

" Dampaknya tidak secara langsung dalam menkan buta aksara, tetapi karena kegiatan ini biasanya dilakukan dengan berbagai lomba bagi tutor dan siswa buta aksara sehingga diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat bagi tutor dalam meningkatkan kualitas pengajarannya" jelasnya.

Berbagai lomba dilaksanakan oleh Disdikbud pada gebyar keaksaraan fungsional ini seperti lomba cerdas cermat bagi siswa pascaaksara serta beberapa perlombaan bagi tutor.

Penulis: Ni Made Gunarsih
Editor: Zulkifli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved