Breaking News:

Bawaslu Kalbar Ingatkan Ancaman Sanksi Bagi Petahana yang Nekat Gunakan Fasilitas Negara

Walaupun memang, diakuinya jika sampai saat ini Bawaslu telah menerima tebusan surat pengajuan cuti oleh para petahana.

TRIBUNPONTIANAK/ENRO
Ilustrasi Pilkada Serentak di Kalbar 2020. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kordiv Pengawasan Bawaslu Kalbar, Faisal Riza memastikan jika jajarannya telah mewanti-wanti potensi adanya pelanggaran yang dilakukan oleh petahana disaat masa cuti diluar tanggungan negara.

"Bawaslu telah menyampaikan imbauan kepada bakal calon petahana untuk tidak menggunakan fasilitas negara, termasuk untuk mematuhi prokol Covid-19," katanya, Rabu (09/09/2020).

Walaupun memang, diakuinya jika sampai saat ini Bawaslu telah menerima tebusan surat pengajuan cuti oleh para petahana.

"Terkait petahana, izin cuti yang sudah masuk, sudah semua menyampaikan surat permohonan cuti diluar tanggungan negara kepada Gubernur dan kita sudah mendapat tebusannya," katanya.

Bawaslu Ketapang Ingatkan Calon Dari Petahana Tidak Gunakan Fasilitas Negara Saat Berkampanye

Maka dari itu, ia menegaskan jika penggunaan fasilitas negara oleh petahana yang cuti tentu menjadi perhatian jajarannya.

"Terkait penggunaan fasilitas negara tentu kita akan pastikan petahana jika saat kampanye nanti mereka menggunakan fasilitas negara, bahkan di beberapa Kabupaten sudah mendata dana bansos," katanya.

Lebih lanjut, ia pun mengingatkan sanksi bagi para petahana yang melanggar ketentuan, bahkan terberat ialah diskualifikasi.

"Tergantung, jika terstruktur, sistematis dan masiv (TSM) bisa saja diskualifikasi, tapi kebanyakan ada ancaman pidana juga dan itu berlaku di masa kampanye," katanya. 
 

--

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Zulkifli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved