Breaking News:

Kapolsek Kuala Behe Ingatkan Anggotanya Cek Titik Api Berdasarkan Aplikasi Lancang Kuning

Kemudian mengajak personilnya untuk membuka aplikasi Lancang Kuning, yang merupakan aplikasi smartphone untuk mendeteksi titik api/hotspot khususnya d

Penulis: Alfon Pardosi | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Personil Polsek Kuala Behe saat menerima arahan dari Kapolsek 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Kapolsek Kuala Behe Ipda Rinto S Sos menekankan kepada anggotanya agar waspada masuknya musim kemarau, dan antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Hal tersebut disampaikan Kapolsek kepada anggotanya saat melaksanakan apel pagi di halaman Mako pada Senin (31/8/2020).

Kemudian mengajak personilnya untuk membuka aplikasi Lancang Kuning, yang merupakan aplikasi smartphone untuk mendeteksi titik api/hotspot khususnya di Kecamatan Kuala Behe.

IPTU Sugiyono Jabat Kasat Reskrim Polres Landak

Kapolsek menuturkan, dimana seluruh personel sudah terintegrasi ke dalam aplikasi tersebut. Serta terdapat arahan langsung dari pimpinan baik dari Polda mau pun dari Polres untuk memberikan tugas pengecekan titik Hotspot.

Selain itu, anggota juga bisa secara langsung melaporkan atau mengupload ke dalam aplikasi lancang kuning jika menemukan titik api di wilayah tugasnya maupun Desa binaannya masing masing.

"Guna mempermudah pelaporan secara langsung dan online kepada Pimpinan," ujar Kapolsek.

Ipda Rinto juga mengatakan, selain melakukan patroli juga dilakukan koordinasi dengan masyarakat sehingga bisa berikan imbauan agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Jika terjadi karhutla segera melakukan koordinasi atau laporkan segera ke pihak Kepolisian atau dengan Aparatur Desa.

"Dengan adanya ]atroli dan pengecekan titik hotspot lokasi yang rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan dapat dipetakan sebagai upaya pengendalian karhutla dengan mengedepankan upaya pencegahan yang harus dilakukan sejak dini, sebelum kebakaran terjadi," ungkap Kapolsek. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved