Breaking News:

Polsek Kota Baru Polres Melawi Sosialisasikan Aturan Buka Lahan Peladang dan Pencegahan Covid-19

Peladang dapat membuka lahan dengan cara membakar terbatas dan terkendali maksimal 2 hektare per kepala keluarga sesuai dengan kearifan lokal.

Editor: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
SOSIALISASI - Polsek Kota Baru Polres Melawi Polda Kalbar melaksanakan sosialisasi Karhutla di Gedung pertemuan Desa Bata Luar, Kecamatan Tanah Pinoh Kota Baru, Kamis (26/8/2020). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MELAWI - Polsek Kota Baru Polres Melawi Polda Kalbar melaksanakan sosialisasi Karhutla di Gedung pertemuan Desa Bata Luar, Kecamatan Tanah Pinoh Kota Baru, Kamis (26/8/2020).

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut Danramil Kota baru Peltu Suyadi, Maneger Humas PT AAK AHL Slamet, para tokoh masyarakat Desa Bata Luar, para perangkat Desa Bata Luar dan masyarakat Desa Bata Luar.

Dalam sambutannya Kapolsek Kota Baru Iptu DM Panjaitan menyampaikan materi atau pemahaman tentang Pergub nomor 103 tentang pembukaan lahan pertanian berbasis kearifan lokal dan juga sanksinya.

Pada pasal 6 ayat 1 berbunyi setiap peladang dapat membuka lahan dengan cara membakar terbatas dan terkendali maksimal 2 hektare per kepala keluarga sesuai dengan kearifan lokal.

“Wajib memberitahukan kepada perangkat desa, mengunakan dan mengutamakan tata cara tradisional sesuai kearifan lokal masyarakat setempat dan tidak mengakibatkan lahan orang lain ikut terbakar," jelasnya.

Bersyukur Bertambahnya Usia Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi Berikan Bingkisan Pada Masyarakat

Kapolsek juga menjelaskan tentang UU RI nomor 32 tahun 2009, tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup serta menjelaskan pidananya apabila seseorang melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar.

Memberikan pengertian tentang UU RI nomor 39 tahun 2014, tentang perkebunan yakni yang membuka dan mengelola lahan dengan cara membakar maka akan dipidana penjara.

Kemudian menjelaskan Pergub nomor 110 tentang Covid-19, bahwa ditegaskan untuk saat ini menuju era normalisasi dan diwajibkan mematuhi protokol kesehatan.

“Jangan lupa pakai masker bila bepergian keluar dari rumah, pakai masker juga harus dibarengi sering cuci tangan," ucap Kapolsek.

Kapolsek juga menganjurkan kepada masyarakat agar memperkuat ketahanan sandang pangan sesuai dengan program pemerintah. (*)

Sat Sabhara Polres Melawi Patroli Dialogis Persiapan Pemilu Kepala Daerah di Kabupaten Melawi

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved