Breaking News:

Green Collaboration Upaya Mendorong Perekonomian Masyarakat di Areal Bernilai Konservasi Tinggi

Nilai Konservasi Tinggi (NKT) yang biologis, ekologi, sosial atau budaya adalah nilai- nilai yang dianggap luar biasa signifikan atau penting, baik di

Penulis: Anggita Putri | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ANGGITA PUTRI
Kadis LHK Kalbar, Adi Yani saat penandatangan naskah kerjasama antara pemegang Izin Usaha dengan masyarakat di dalam dan sekitar wilayah kerja dalam pengelola dan pemanfaatan hasil hutan bukan kayu Tahun 2020 oleh Dinas LHK Kalbar di Ballroom Hotel Golden Tulip Pontianak, Selasa (25/8/2020). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalbar menggelar acara penandatangan naskah kerjasama antara pemegang Izin Usaha dengan masyarakat di dalam dan sekitar wilayah kerja dalam pengelola dan pemanfaatan hasil hutan bukan kayu Tahun 2020.

Penandatangan kerjasama tersebut dibuka langsung oleh Sekda Kalbar, AL Leysandri di Ballroom Hotel Golden Tulip Pontianak, Selasa (25/8/2020).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalimantan Barat , Adi Yani menjelaskan bahwa Green Collaboration dalam upaya untuk mendorong perekonomian masyarakat pada Areal Bernilai Konservasi Tinggi di Kalimantan Barat.

Nilai Konservasi Tinggi (NKT) yang biologis, ekologi, sosial atau budaya adalah nilai- nilai yang dianggap luar biasa signifikan atau penting, baik di tingkat nasional, regional atau global.

“Termasuk didalamny keberadaan spesies langka atau endemik, ketersediaan ekosistem, dan situs suci masyarakat setempat,” ucapnya.

Ia mengatakan Penerapan konsep Nilai Konservasi Tinggi (NKT) di Indonesia telah menyelamatkan sekitar satu juta hektar kawasan konservasi pada areal produksi.

Sebagian area NKT tersebut secara perundang-undangan memang sudah seharusnya menjadi areal konservasi.

Pemprov Dukung Kerjasama Pemegang Izin Usaha Dengan Masyarakat Areal Bernilai Konservasi Tinggi

“Tetapi sebagian area NKT bukan karena alasan perundang-undangan melainkan karena secara konservasi, areal tersebut mempunyai nilai konservasi yang tinggi,” jelasnya.

Konsep Areal bernilai konservasi tinggi ini akan efektif. Namun akan sangat bergantung pada
langkah-langkah pengelolaan dan pemantauan para pihak. Tujuan utama NKT adalah memelihara dan meningkatkan nilai dan fungsi-fungsi konservasi.

Identifikasi NKT adalah langkah awal yang penting sebelum bergerak pada pengelolaan dan pemantauan. Konsep NKT adalah konsep yang dinamis dan berkembang sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan baru.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved