Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kubu Raya Dorong Petani Lakukan Penanam Dua Kali Dalam Setahun

Apalagi dikatakan Gandhi, dengan keterlibatan penyuluh yang telah tersebar di sembilan kecamatan yang ada di Kubu Raya, dapat membantu para petani mem

TRIBUN PONTIANAK/Muzammilul Abrori
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kubu Raya, Gandhi Satyagraha saat ditemui awak media saat memperingati momentum Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020, yang bertepat pada Senin 17 Agustus 2020. -- 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kubu Raya, Gandhi Satyagraha menyampaikan bahwa pihaknya tengah berupaya untuk mendorong para petani agar dapat melakukan penanaman padi dua kali dalam satu tahun, pada Minggu (23/8/2020).

Apalagi dikatakan Gandhi, dengan keterlibatan penyuluh yang telah tersebar di sembilan kecamatan yang ada di Kubu Raya, dapat membantu para petani mempercepat pengolahan tanah untuk pembuatan persemaian dan penanaman padi.

"Kita berupaya mendorong para petani khususnya yang ada di Kabupaten Kubu Raya agar dapat melakukan penanaman padi sebanyak dua kali dalam satu tahunnya," ujarnya.

"Upaya inipun dilakukan agar penanaman yang ada juga tidak putus, sehingga ketersediaan pangan dapat tetap terjaga," papar Gandhi kepada Tribun.

Camat Sebut Banyak Manfaat Jika Tanam Padi Dilakukan 2 Kali Setahun, Termasuk Cegah Karhutla

"Kemudian tentu kita berharap bahwa dalam kondisi seperti ini, kesiapan dari petugas kita dilapangan yang sudah kita persiapkan, kemudian para petani yang akn melakukan kegiatan tanam, karena pada saat ini panen terus berjalan, panen musim gadu," tambahnya.

Kadis itu melanjutkan, memasuki Oktober nanti para petani kembali masuk musim tanam rendengan.

Dengan begitu, upaya untuk melakukan penanaman padi dua kali dalam satu tahun dapat diupayakan.

"Rendengan ini akan dilaksanakan oleh para petani hampir diseluruh wilayah disembilan kecamatan. Potensi kita tentu terus kita dorong untuk sebagai lumbung pangan kita," sampainya.

Kemudian berkaitan dengan penanaman musim rendengan juga, Gandhi menyampaikan bahwa pihaknya telah mempersiapkan 34 ribu areal tanam yang siap untuk dilakukan penanaman pada musim rendengan.

"Karena potensi ini kita maksimalkan agar betul-betul daerah sentral ini kita terus dorong melakukan penanaman. Sehingga kesinambungan pangan kita tidak akan terputus," tukasnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved