Breaking News:

PENCAIRAN Gaji 13 Belum Rampung Hingga Senin Siang, Menkeu Sri Mulyani Buka Suara Beri Penjelasan

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati buka suara memberikan penjelasan perihal realisasi pencairan gaji ke-13 PNS.

Editor: Haryanto
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANESH VIDUKA
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA -  Hingga Senin (10/8/2020) siang, proses pencairan gaji 13 PNS, Pensiunan, TNI dan Polri belum rampung.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati buka suara memberikan penjelasan perihal realisasi pencairan gaji ke-13 PNS.

Sri Mulyani mengungkapkan, hingga Senin siang pukul 12.00 WIB total realisasi yang telah dicarikan sebesar Rp 13,57 triliun.

Lebih lanjut, Sri Mulyani merinci bahwa dari jumlah pencairan tersebut, sebanyak Rp 5,47 triliun yang merupakan gaji kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS) pemerintah pusat, prajurit TNI, dan Polri.

Selain itu, sebesar Rp 8,1 triliun merupakan pensiun ke-13 yang disalurkan melalui PT Taspen (Persero).

"Sudah hampir selesai yang pusat," jelas Sri Mulyani ketika memberikan penjelasan dalam video conference melansir Kompas.com, Senin (10/8/2020).

MENKEU Sri Mulyani Pastikan Gaji 13 2020 Sudah Ditransfer ke Rekening PNS, TNI, Polri dan Pensiunan

Bendahara Negara itu menjelaskan, perkiraan keseluruhan pembayaran gaji ke-13 tahun ini mencapai Rp 28,82 triliun.

Angka tersebut terdiri atas Rp 14,83 triliun yang berasal dari APBN untuk PNS aktif sebesar Rp 6,94 triliun dan pensiunan Rp 7,88 triliun.

Sementara sebesar Rp 13,09 triliun sisanya bersumber dari APBD.

Sri Mulyani menjelaskan, anggaran gaji ke-13 yang belum seluruhnya cair lantaran prosesnya bergantung pada kesiapan administrasi dan regulasi, baik oleh pemerintah pusat maupun peraturan di tingkat pemerintah daerah.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved