Breaking News:

IKIP PGRI Gelar PKMS Penyusunan SSP Bermuatan Karakter dan Student Centered di SMPN 11 Ambawang

Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan bersama demi mematuhi protokol kesehatan.

TRIBUN PONTIANAK/ ISTIMEWA
Pelaksanaan pelatihan, bimbingan serta seminar Subject Spesific Pedagogy Bermuatan Karakter dan Sudent Centered di SMP Negeri 11 Sungai Ambawang 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Dosen Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Pontianak menggelar Penyusunan Subject Spesific Pedagogy (SSP) bermuatan karakter dan student centered di SMP Negeri 11 Sungai Ambawang.

Kegiatan ini berbentuk Workshop, Pelatihan dan Bimbingan dengan beberapa kegiatan seperti pemberian materi terkait silabus, RPP, bahan ajar, serta instrumen penilaian.

Kegiatan PKMS yang dilakukan oleh Tim Dosen IKIP PGRI Pontianak dengan sekolah mitra SMP Negeri 11 Sungai Ambawang terselenggara berkat dukungan pendanaan dari DRPM Ristekdikti melalui Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan diantaranya dengan menyempurnakan perangkat pembelajaran dan meningkatkan kualitas tenaga pendidik.

"Penyempurnaan kurikulum yang sekarang dilakukan dengan menerapkan kurikulum 2013 yang menitik beratkan pada pembelajaran yang menerapkan nilai karakter dan memusatkan pembelajaran pada siswa (student centered) agar karakter siswa terbentuk sejak dini dan dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi lebih aktif. Begitu pula dengan tenaga pendidik atau guru juga harus meningkatkan kualitas diri dengan merancang pembelajaran yang lebih berkualitas. Satu diantaranya dengan memperoleh pelatihan dan bimbingan dalam pembuatan SSP mencakup silabus, RPP, bahan ajar, dan instrumen penilaian “tutur ketua pelaksana PKMS, Dwi Oktaviana, M.Pd.

Foto bersama saat pelatihan bimbingan serta seminar Subject Specific Pendagogy Bermuatan Karakter dan Sudent Centered di SMP Negeri 11 Sungai Ambawang
Foto bersama saat pelatihan bimbingan serta seminar Subject Specific Pendagogy Bermuatan Karakter dan Sudent Centered di SMP Negeri 11 Sungai Ambawang

Kegiatan PKMS yang dilakukan oleh dosen IKIP PGRI Pontianak di masa pandemi ini dilaksanakan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah seperti menggunakan masker, tetap cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, serta menjaga jarak. Masker dan hand sanitizer telah tim peneliti siapkan dan dikemas dengan rapi menggunakan pouch. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan bersama demi mematuhi protokol kesehatan.

"PKMS yang dilaksanakan bersama Mitra SMP Negeri 11 Sungai Ambawang dimulai dengan koordinasi pertama pada 1 April 2020 dan koordinasi kedua untuk persiapan workshop pada 28 April 2020. Kegiatannya antara lain pelatihan dan pembimbingn dalam pembuatan silabus dan RPP pada hari Rabu 15 Juli 2020 dan pada hari Sabtu 18 Juli 2020, dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan pembuatan bahan ajar. Selanjutnya pada Rabu, 22 Juli 2020 dilaksanakan kegiatan pendampingan pembuatan instrumen penilaian. Berikutnya kegiatan presentasi atau seminar SSP yang telah disusun oleh peserta dilaksanakan pada Sabtu, 25 Juli 2020. Kemudian dalam waktu dekat akan diadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD), peer teaching, dan praktik lapangan sebagai penutup kegiatan PKMS di SMP Negeri 11 Sungai Ambawang." ungkap Dwi Oktaviana, M.Pd.

Frans Antonius AK, S.Pd selaku kepala SMP Negeri 11 Sungai Ambawang menyambut dengan baik kegiatan Penyusunan Subject Spesific Pedagogy Bermuatan Karakter Dan Student Centered.

Menurut beliau kegiatan yang berbentuk workshop, pelatihan dan bimbinhan dalam penyusunan SSP bermuatan karakter dan student centered belum pernah dilakukan sebelumnya sehingga dapat membantu Bapak Ibu guru di SMP Negeri 11 Sungai Ambawang dalam pembuatan SSP berupa RPP, bahan ajar serta instrumen soal bernilai karakter.

Anggota tim PKMS, Utin Desy Susiaty, M.Pd dan Wiendi Wiranty, M.Pd menggungkapkan bahwa tujuan dari pelaksanaan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pembuatan SSP berupa RPP, bahan ajar serta instrumen soal yang bernilai karakter.

Halaman
12
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved