Breaking News:

NIAT PUASA Dzulhijjah dan Puasa Senin Kamis Bersamaan Arab - Indonesia, Dapat Keutamaan Berlipat

Lantas apakah bisa kedua ibadah sunnah ini digabungkan dan akan mendapatkan keutamaan?

Penulis: Madrosid | Editor: Madrosid
TRIBUN/ISTIMEWA
Puasa sunnah Dzulhijjan dan puasa sunnah senin kamis 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Memiliki banyak keistimewaan puasa Dzulhijjah 9 hari jelang Idual Adha sayang sekali bila dilewatkan.

Waktunya dari tanggal 1 Dzulhijjah hingga 9 Dzulhijjah atau 22 Juli hingga 30 Juli 2020, tentunya  juga akan bersamaan dengan ibadah puasa sunnah lainnya yaitu Puasa Senin - Kamis.

Lantas apakah bisa kedua ibadah sunnah ini digabungkan dan akan mendapatkan keutamaan?

Berdasarkan sejumlah keterangan menggabungkan dua ibadah sunnah seperti puasa, mandi dan seterusnya itu diperbolehkan dan tetap akan mendapatkan pahala serta keutamaan dari keduanya.

Dikutip dari Islami.co Syekh Yasin bin Isa al-Fadani, dalam kitabnya, al-Fawaid al-Janiyah menjelaskan bahwa ada beberapa ibadah yang bisa dilakukan dengan bersamaan dengan menggabungkan niatnya.

KEUTAMAAN PUASA Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah, Puasa 9 Hari Jelang Idul Adha Berikut Jadwal & Niat

Syekh Yasin al-Fadani membagi hal ini menjadi empat bagian.

Pertama, menggabungkan amalan yang berupa ibadah dengan hal yang tidak bernilai ibadah dalam satu kali niat, seperti meniatkan bacaan Al-Quran dalam shalat sebagai ibadah membaca Al-Quran, hal ini diperbolehkan dan tidak membatalkan shalat.

Kedua, menggabungkan amalan ibadah yang fardhu dengan ibadah yang sunnah. Hal ini bisa bermacam-macam, terkadang sah keduanya, terkadang hanya sah salah satunya. Penjelasan kategori kedua ini akan penulis jelaskan dalam kesempatan yang lain.

Ketiga, menggabungkan dua ibadah fardhu, seperti menggabung niat wudhu dengan mandi jinabat. Menurut Syekh Yasin al-Fadani, kedua ibadah fardhu tetap sah berdasarkan kaul yang paling sahih.

Keempat, menggabungkan niat ibadah sunnah dengan ibadah sunnah yang lain. Syekh Yasin mencontohkan menggabungkan mandi shalat Idul Fitri dengan mandi shalat Jumat. Keduanya sama-sama sah.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved