Breaking News:

Berikut Rahasia Bupati Atbah Bangun Desa Mandiri Terbanyak di Kalbar

Dijelaskan Atbah, Gubernur Kalbar telah berhasil memberikan motivasi kepada Pemerintah Daerah untuk menjadikan desa mandiri.

TRIBUN PONTIANAK/ Muhammad Rokib
Pemimpin Redaksi Tribun Pontianak, Safruddin bincang-bincang bersama Bupati Kabupaten Sambas, Atbah Romin Suhaili tentang Rahasia Bupati Atbah Bangun Desa Mandiri Terbanyak di Kalbar di Kantor Tribun Pontianak, Jalan Sungai Raya Dalam, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis (23/7/2020) 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili menyampaikan rahasianya tentang mendirikan desa mandiri.

Sebagaimana disebutkannya terdapat 38 desa telah menjadi desa mandiri di Kabupaten Sambas hingga menjadi penyumbang terbanyak dalam membangun desa mandiri di Kalbar.

Bahkan di tingkat nasional Kabupaten Sambas berada pada urut ke tiga.

Ada empat macam desa yang telah dilaluinya, di antaranya mulai desa sangat tertinggal, tertinggal, dan desa berkembang hingga menjadi desa mandiri yang telah memenuhi 32 indikator di Provinsi Kalimantan Barat.

"Pertama berangkat dari inspirasi yang diberikan oleh presiden kepada pemda untuk membangun Indonesia dari pinggiran. Pinggiran adalah desa konsen untuk membangun desa. Kemudian presiden melalui kementerian desa memberikan anggran bahwa diangka 1 miliar lebih, bahkan 2 miliar di Sambas.

Itulah yang menjadi syarat penting untuk Desa Mandiri tak lupa pula dibidang SDM dan SDA yang ada di Sambas untuk ditingkatkan," kata Bupati Atbah saat berbincang dengan pemimpin redaksi Tribun Pontianak Safruddin yang disiarkan secara langsung melalui akun resmi media Tribun Ners Pontianak, di Kantor Tribun Pontianak, jalan Sungai Raya Dalam, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis (23/7/2020).

Cerita Bupati Atbah Sumbang Terbanyak Desa Mandiri

Sedikitnya masih ada satu desa yang tertinggal di Kabupaten Sambas. Namun, Atbah menargetkan satu bulan kedepan desa tertinggal akan segera dihapuskan hingga semuanya akan menjadi Desa Mandiri.

Kemudian tak lupa pula Bupati Atbah juga menyinggung Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji.

Dijelaskan Atbah, Gubernur Kalbar telah berhasil memberikan motivasi kepada Pemerintah Daerah untuk menjadikan desa mandiri.

"Menarik menurut saya beliau (Sutarmidji) adalah satu-satunya gubernur yang setiap pertemuan selalu membicarakan tentang desa mandiri, artinya bahwa kita benar-benar konsen untuk menjadikan desa mandiri. Ini merupakan even sangat menarik," kata Atbah.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved