Breaking News:

Uray Hendi: Jambore Genre Sakinah untuk Pembinaan Ketahanan Remaja

Salam genre itu sendiri yaitu katakan tidak pada nikah dini, katakan tidak pada seks bebas dan katakan tidak pada napza.

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/M WAWAN GUNAWAN
BUKA - Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili saat membuka kegiatan Jambore keluarga sakinah, di Kampung KB Kecamatan Galing, Selasa (21/7/2020). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (P3AP2KB) Kabupaten Sambas, Uray Hendi Wijaya mengatakan berdasarkan undang-undang nomor 52 tahun 2009 pasal 48.

Tentang pembinaan ketahanan remaja dilakukan dengan memberikan akses informasi, pendidikan, konseling dan pelayanan tentang kehidupan berkeluarga.

Dijelaskan dia, amanat itu selaras dengan makna dari salam genre.

Yang mana mengajak anak-anak muda, generasi milenial untuk tidak nikah dini, tidak melakukan seks bebas dan juga tidak menjadi pelaku penyalahgunaan Narkoba.

"Salam genre itu sendiri yaitu katakan tidak pada nikah dini, katakan tidak pada seks bebas dan katakan tidak pada napza. Outcome dari pembinaan ketahanan remaja adalah terbentuknya generasi berencana atau genre," ujarnya, Selasa (21/7/2020) di kegiatan Jambore Genre Sakinah, di Kampung KB, Kecamatan Galing.

PDI Perjuangan Sambas Rapatkan Barisan Jelang Pilkada 2020

Dijelaskan oleh dia, Generasi Berencana sendiri adalah dimana diharapkan seorang remaja mampu untuk memiliki perencanaan mempersiapkan dan melewati transisi kehidupan remaja dengan mempraktikkan hidup bersih dan sehat.

Tidak hanya biru kata dia, anak-anak remaja juga harus memiliki pendidikan, memulai berkarir, menjadi anggota masyarakat yang baik, serta membangun keluarga yang berkualitas.

"Jambore Genre Sakinah tahun 2020 ini bagian dari upaya pemerintah memasifkan dan memaksimalkan keberadaan kampung KB dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas remaja menjadi komponen masyarakat yang tangguh dalam segala tantangan," katanya.

"Agar lahir remaja-remaja yang punya kesiapan dan perencanaan berkeluarga yang sakinah," tutur Kadis P3AP2KB Kabupaten Sambas.

Data Terbaru Covid-19 di Kabupaten Sambas, Nol Kasus Positif

Kegiatan tersebut nantinya memiliki tujuan yang strategis dalam pembangunan keluarga yang berkualitas.

"Tujuan dari kegiatan ini sangat jelas, peningkatan pemahaman pentingnya pendidikan keluarga dalam membantu pencapaian tujuan pendidikan membentuk pribadi yang sakinah yaitu pribadi yang berilmu, dan beramal shaleh berlandaskan pada keimanan dan ketaqwaan," tutupnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved