KABAR BAIK! Menkeu Pastikan Bantuan Stimulus Covid-19 Diperpanjang Hingga 2021 Cek Bantuan Apa Saja

Ketiga program itu merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Editor: Syahroni
kemenkeu.go.id
Menteri Keuangan ( Menkeu ) RI, Sri Mulyani. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Akibat Covid-19 yang melanda Indonesia, dampaknya sangat luas dan mempengaruhi berbagai sektor.

Bahkan banyak masyarakat turun kelas dalam segi perokonomian akibat gelombang PHK serta karyawan yang dirumahkan oleh perusahaan.

KAPAN Gaji 13 2020 Cair? Jutaan Pegawai dan Pensiunan Menunggu Pencairan Gaji 13 dari Kemenkeu

Dikritik Utang Tembus Rp 5.868 Triliun, Menkeu Malah Sebut Negara Islam Saudi UEA Juga Miliki Utang

Untuk memastikan masyarakat tetap mempunyai daya beli yang baik, pemerintah mengucurkan trilliunan rupiah dengan beragam program yang ada.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan pemerintah akan melanjutkan tiga stimulus perlindungan sosial sampai dengan 2021.

Ketiga program itu merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Adapun tiga stimulus perlindungan sosial yang akan diteruskan di tahun depan antara lain bantuan sosial (Bansos), program keluarga harapan (PKH) dan Sembako.

Selain itu, untuk kartu pra kerja, Sri Mulyani memberi catatan bahwa pemerintah akan mengevaluasi terlebih dahulu dari implementasinya di tahun ini.

Gaji 13 Masuk APBN 2020, Kapan Pencairan Gaji 13 PNS TNI Polri Gaji 13 Pensiunan dari Kemenkeu?

“Untuk kartu pra kerja di tahun 2021, kami akan kaji dulu desain-nya seperti apa. Secara keseluruhan yang akan berlanjut di 2020 akan kami sampaikan bulan depan dalam nota keuangan 2021,” ujar Sri Mulyani dalam Konferensi Pers APBN Juni, Senin (20/7/2020).

Menkeu menegaskan, ketiga program bantuan sosial ini akan berlanjut sebagai bagian dari Program PEN 2021.

Hanya saja, terkait besaran pagu anggaran yang diberikan, belum sanggup disampaikan oleh pemerintah kepada publik.

Gaji 13 Masuk APBN 2020, Kapan Pencairan Gaji 13 PNS TNI Polri Gaji 13 Pensiunan dari Kemenkeu?

Adapun dari realisasi perlindungan sosial sejak awal Maret hingga 20 Juli 2020 sebesar Rp 77,4 triliun atau setara 37,96% dari total anggaran stimulus sejumlah Rp 203,9 triliun.

Bila dirinci, jumlah anggaran tersebut digelontorkan untuk Program Keluarga Harapan (PKH) Rp 37,4 triliun, sembako Rp 43,6 triliun, Bansos Jabodetabek Rp 6,8 triliun, dan Bansos non-Jabodetabk 32,4 triliun.

Kemudian, program pra kerja Rp 20 triliun, diskon listrik Rp 6,9 triliun.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati usai memberikan Orasi ilmiah saat menghadiri Dies Natalis ke-59 Universitas Tanjungpura (Untan) di Auditorium Untan, Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (11/5/2018) pagi. Pada kesempatan ini Untan menyerahkan penghargaan Untan Royal Award kepada putera puteri terbaik bangsa yang memiliki perhatian dibidang pendidikan, yakni Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dan Penjabat Gubernur Kalbar, Dodi Riyadmadji. TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati usai memberikan Orasi ilmiah saat menghadiri Dies Natalis ke-59 Universitas Tanjungpura (Untan) di Auditorium Untan, Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (11/5/2018) pagi. Pada kesempatan ini Untan menyerahkan penghargaan Untan Royal Award kepada putera puteri terbaik bangsa yang memiliki perhatian dibidang pendidikan, yakni Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dan Penjabat Gubernur Kalbar, Dodi Riyadmadji. TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANESH VIDUKA)

Kemudian logistik, pangan, sembako Rp 25 triliun, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp 31,8 triliun.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Kacaribu menambahkan anggaran ketiga perlindungan sosial tahun program PEN 2021 tidak akan sebesar tahun ini.

Rencana itu dengan harapan, implementasi di tahun ini sudah mulai terasa manfaatnya.

"Di tahun depan akan kita lanjutkan karena Covid-19 ini meningkatkan angka pengangguran, meningkatkan juga angkka kemiskinan. Jadi memang harus dilanjutkan," kata febrio Senin (20/7/2020).

Artikel ini telah tayang di Kontan dengan judul, Sri Mulyani pastikan tiga stimulus perlindungan sosial berlanjut pada 2021.

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved