Breaking News:

UTANG INDONESIA Tembus Rp 5.868 Triliun, Sri Mulyani: Kita Bisa Debat, Jangan Pakai Benci & Kasar

Terkait kebijakan utang, Sri Mulyani meminta masyarakat tidak memberikan stigma negatif terhadap proporsi utang Indonesia.

Editor: Haryanto
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati berbagi pandangan soal utang Indonesia.

Tercatat, utang Indonesia menembus angka Rp 5.868 triliun.

Data itu disampaikan Bank Indonesia yang mencatat utang luar negeri (ULN) Indonesia pada akhir Mei 2020 menembus 404,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 5.868 triliun (kurs Rp 15.000).

Utang tersebut terdiri dari ULN sektor publik (pemerintah dan bank sentral) sebesar 194,9 miliar dollar AS dan ULN sektor swasta (termasuk BUMN) sebesar 209,9 miliar dollar AS.

Soroti Peningkatan Utang Indonesia, Bank Dunia Ingatkan Pemerintah Lakukan Pemantauan Lebih Ketat

Terkait kebijakan utang tersebut, Sri Mulyani meminta masyarakat tidak memberikan stigma negatif terhadap proporsi utang Indonesia.

Karena, Bendaraha Negara ini mengakui kerap mendengar keluhan masyarakat yang membenci utang.

Ia juga mengungkapkan, dengan kondisi utang Indonesia tersebut ada menganggapnya sebagai sesuatu yang sangat mengkhawatirkan.

"Saya ingin menyampaikan, kadang-kadang masyarakat kita sensitif soal utang. Menurut saya, tidak bagus juga," kata Sri Mulyani dalam live Instagram dilansir Kompas.com, pada Sabtu (18/7/2020).

Namun, Sri Mulyani mengaku terkait kebijakan utang Indonesia bisa diperdebatkan dengan sejumlah catatan.

“Kalau kita mau bicara tentang policy (ketentuan) utang, ya kita bisa berdebat, jangan pakai benci dan menggunakan bahasa kasar,” tegasnya.

Mantan Direktur Bank Dunia ini mengatakan, Menteri Keuangan mengeluarkan beragam kebijakan, termasuk utang, untuk mengelola keuangan negara jika penerimaan lebih besar dibanding belanja-belanja pemerintah.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved