Breaking News:

Penerimaan Peserta Didik Baru Serentak di Kubu Raya Usai, Firdaus: Berlangsung Lancar

Pada tahun-tahun sebelumnya Firdaus menyampaikan dilaksanakan selama tiga hari, dan pada tahun inipun dilaksanakan selama empat hari.

TRIBUNPONTIANAK/MUZAMMILUL ABRORI
Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya SM Firdaus saat ditemui Tribunpontianak.co.id, pada Senin (6/7/2020). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya SM Firdaus menyampaikan bahwa, pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang telah dilaksanakan jika mulai pada 1 hingga 4 Juli kemarin berlangsung lancar.

"Jadi alhandulillah di Kabupaten Kubu Raya telah melaksanakan PPDB tahun pelajaran 2020-2021, yang dilaksanakan pada tanggal satu sampai tanggal empat Juni kemarin."

"Dan sepanjang pemantauan kita pelaksanaan PPDB pada tahun inipun berjalan lancar, sesuai dengan yang kita harapkan," ungkap Firdaus kepada Tribun, pada Senin (6/7/2020).

Personel Sat Lantas Polres Bengkayang Sosialisasi Tertib Lalu Lintas dengan Bagikan Brosur

Firdaus menjelaskan, dalam pelaksanaan PPDB yang dilakukan secara serentak se Kabupaten Kubu Raya, yang mencakup jenjang pendidikan TK/Paud SD, hingga SMP inipun, dilakukan secara berbasis daring dan luring.

Dan sekolah juga dibebas untuk memilih sistem mana yang akan diterapkan dalam pelaksanaan PPDB, seperti sistem full daring, kemudian sistem semi daring (gabungan daring dan luring), dan yang terakhir full luring atau secara langsung.

Upaya itu dilakukan, sebab menurut Firdaus masih terdapat beberapa sekolah disejumlah kecamatan maupun desa, yang masih kekurangan sarana dan prasarana untuk melaksanakan PPDB secara full daring.

Lanjutnya, Firdaus juga mengatakan, dalam pelaksanaan PPDB khususnya di Kabupaten Kubu Raya juga masih menerapkan jalur zonasi, afirmasi, perpindahan alamat dan prestasi.

"Jadi mekanisme yang diterapkan menggunakan jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan alamat, dan prestasi.

"Itu semua kita terapkan empat jalur PPDB yang mengacu pada permendikbud nomor 44 dan peraturan Bupati Kubu Raya nomor 30, itu dilaksanakan disemua sekolah dan semua jalur itupun berjalan dengan lancar," sampainya.

Kemudian perbedaan dalam pelaksaan PPDB tahun ini juga disampaikannya terlihat pada waktu pelaksanaan.

Halaman
12
Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved