OJK Kalbar Sebut Layanan Digital Banking Tumbuh Pesat di Era Covid-19

Terlihat pada posisi 31 Mei 2020 pertumbuhan pengguna layanan digital banking meningkat tajam yakni 58,13% (YoY) bila dibandingkan posisi Mei 2019.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Kalimantan Barat, Moch. Riezky F. Purnomo, 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Selama pandemi Covid-19 layanan digital banking di Kalimantan Barat alami pertumbuhan  pesat.

Hal ini disampaikan langsung Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalbar Moch. Riezky F. Purnomo, kondisi pandemi Covid-19 mempercepat transformasi layanan perbankan digital dan juga meningkatkan transaksi perbankan elektronik.

Menurut Riezky, masyarakat cenderung untuk melakukan transaksi perbankan menggunakan layanan perbankan elektronik seperti internet banking, mobile banking dan cash management system.

Selanjutnya, tingkat penerimaan masyarakat terhadap layanan perbankan digital dan elektronik ini tentunya memberikan dampak positif bagi perbankan untuk melakukan efisiensi melalui optimalisasi penggunaan teknologi dalam melakukan pelayanan kepada para nasabah.

Terlihat pada posisi 31 Mei 2020 pertumbuhan pengguna layanan digital banking meningkat tajam yakni 58,13% (YoY) bila dibandingkan posisi Mei 2019.

OJK Minta Masyarakat Tak Percayai Informasi Hoaks Ajakan Penarikan Dana di Perbankan

"Pertumbuhan tersebut juga berdampak positif terhadap peningkatan penghimpunan dana pihak ketiga di Provinsi Kalimantan Barat yang mencatat pertumbuhan positif 8,16 persen (YoY) per 31 Mei 2020," jelas Riezky F. Purnomo, Kamis (2/7/2020).

Riezky menambahkan, pertumbuhan layanan digital maupun layanan perbankan elektronik di Kalbar cukup baik terlihat dari pertumbuhan jumlah nasabah yang telah mengakses layanan perbankan digital dan elektronik.

Selain itu, percepatan penggunaan teknologi informasi dalam layanan perbankan tentunya dapat meningkatkan efisiensi.

"Tentunya mengingat bank tidak lagi membutuhkan banyak jaringan kantor untuk mendukung pertumbuhan bisnisnya. Selanjutnya layanan perbankan digital maupun perbankan elektronik tentunya akan meningkatkan pendapatan bank yang berasal dari fee based income," tutur  Riezky F. Purnomo.

Selektif Terhadap Layanan

Halaman
12
Penulis: Septi Dwisabrina
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved