Tak Ramah Lingkungan Pemerintah Akan Hapus Bensin, Pertalite Beralih ke Pertamax & Pertamax Turbo

Step ketiga: Simplifikasi produk yang dijual di SPBU hanya menjadi dua varian yakni BBM RON 91/92 (Pertamax) dan BBM RON 95 (Petamax Turbo).

TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Sejumlah warga mengisi secara mandiri BBM di SPBU Bundaran Kota Baru, Jalan Prof M Yamin, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (17/2/2020) siang. Sudah satu pekan di SPBU tersebut tersedia layanan pengisian BBM mandiri. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pemerintah melalui PT Pertamina mulai merencanakan untuk menghapuskan Bensin atau research octane number (RON) 88 dan RON 90 atau jenis Pertalite.

Melansir dari Kontan, PT Pertamina (Persero) memiliki strategi jangka panjang untuk mengurangi penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang tidak ramah lingkungan tersebut.

Pertamina telah membuat tahapan untuk menghilangkan atau meniadakan bensin serta pertalite dari peredaran.

Strategi penghapusan itu merupakan simplifikasi varian produk dan comply dengan Peraturan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) Nomor P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/3/2017 yang mengatur soal baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe baru untuk kendaraan bermotor roda empat atua lebih.

Dalam beleid itu, pemerintah menetapkan BBM tipe euro 4 atau setara BBM oktan 91 ke atas mulai tahun 2019 secara bertahap hingga 2021.

Adapun yang kadar oktannya di bawah 91 atau masuk standar euro 2 saat ini adalah Premium dan Pertalite.

Adapun tahapan penghapusan kedua bensin itu.

Step Pertama: pengurangan bensin Premium disertai dengan edukasi dan campaign untuk mendorong konsumen menggunakan BBM Ron 90 ke atas.

Step Kedua: Pengurangan bensin Premium dan Pertalite di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) disertai dengan edukasi dan campaign untuk mendorong menggunakan BBM di atas RON 90 ke atas.

Step ketiga: Simplifikasi produk yang dijual di SPBU hanya menjadi dua varian yakni BBM RON 91/92 (Pertamax) dan BBM RON 95 (Petamax Turbo).

Halaman
123
Editor: Syahroni
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved