Bupati Nasir Minta Tim Medis Sosialisasi Atur Jarak Kelahiran ke Masyarakat

Kemudian jelas Nasir, ada juga pertolongan persalinan oleh tenaga medis, menimbang dan imunisasi bayi tersebut.

TRIBUNPONTIANAK/SAHIRUL HAKIM
Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir, didampingi wakilnya Antonius L Ain Pamero, bersama Forkompimda Kapuas Hulu, saat melakukan Anjang Sana ke RSUD dr Achmad Diponegoro Putussibau, dalam rangka memperingati Harganas ke 27 tahun 2020, Senin (29/6/2020). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Di hari memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 27 tahun 2020, Bupati Kabupaten Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir meminta kepada seluruh tim medis kesehatan, agar memberikan sosialisasi ke masyarakat, supaya selalu mengatur jarak kelahiran dengan memakai kontrasepsi sesuai aturan dari Pemerintah.

"Saya harapkan, agar selalu ibu hamil di Kabupaten Kapuas Hulu, untuk rutin memeriksakan kehamilannya ke tim kesehatan di daerahnya masing-masing, minimal 4 kali masa kehamilan, karena penting untuk menekan angka kematian pada anak dan ibu hamil," ujarnya, Selasa (30/6/2020).

Kemudian jelas Nasir, ada juga pertolongan persalinan oleh tenaga medis, menimbang dan imunisasi bayi tersebut.

Pemkab Kapuas Hulu Kembali Raih Opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan

"Tahun 2019 hingga 2020, data di 2019 tentang kematian ibu dan bayi saat persalinan, ini menjadi catatan Dinkes, angka kematian ibu meningkat, kematian bayi juga," ucapnya.

Maka dari itu, perlu menjadi evaluasi koreksi, persalinan sesar yang seharusnya tidak dilaksanakan, kematian ibu dan bayi ini tentu menjadi sorotan.

"Belum kita bicara mengatasi masalah stunting itu sendiri," ujarnya.

Bupati mengimbau kepada masyarakat harus memeriksa kehamilan, karena itu sangat penting, dan diminta kepada seluruh kepala desa, untuk membantu sosialisasi memberitahu pemahaman kepada ibu hamil.

"Persoalan ini adalah tanggungjawab bersama, baik Pemerintah Daerah, kepala desa, dan masyarakat itu sendiri, dalam upaya menekan angka kematian pada bayi dan ibu hamil," ungkapnya. (*)

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved