Tertibkan Aset Bermasalah, Pemkot Pontianak Kantongi Sertifikat Tanah Eks Terminal Pal Lima

Nah yang sudah selesai inikan eks terminal pal lima yang dibeli oleh Walikota zaman pak Majid Hasan tahun 1988 dan dibangun menjadi terminal.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FILE
Kepala BKD Kota Pontianak, Hendro Subekti. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD), Hendro Subekti menjelaskan bahwa lahan eks terminal Pal Lima yang baru dikeluarkan sertifikatnya oleh ATR/BPN Kota Pontianak dulunya dibeli pemerintah Kota Pontianak dari masyarakat pada masa pemerintahan Walikota Pontianak, Madjid Hasan.

Ia menerangkan bahwa pemerintah Kota Pontianak saat ini secara aktif melakukan penertiban terhadap aset yang bermasalah. Penertiban aset tersebut juga didorong oleh Korsupgah KPK dan Kejaksaan.

"KPK juga mendorong untuk aset yang bermasalah tersebut bisa diselesaikan," ujar Hendro Subekti saat ikut menyaksikan penyerahan sertifikat tanah eks Pal Lima dari BPN ke Walikota Pontianak Jumat (26/6/2020)

Sebelumnya, Pemkot telah mengajukan empat persil aset yang bermasalah untuk di selesaikan di Kota Pontianak di antaranya eks SMP 14, lahan Gg Mega Jaya Jln Harapan Jaya, Eks Puskesmas Pal Lima, dan Eks Terminal Pal Lima.

Pemkot Pontianak Tuntaskan Persoalan Kepemilikan Aset Lahan Eks Terminal Pal Lima

"Nah yang sudah selesai inikan eks terminal pal lima yang dibeli oleh Walikota zaman pak Majid Hasan tahun 1988 dan dibangun menjadi terminal. kemudian tidak digunakan dan ada pihak yang mengaku-ngaku memiliki lahan tersebut," ujar Hendro Subekti.

Setelah dikeluarkannya sertifikat tanah eks Pal Lima atas nama pemerintah kota pontianak, sehingga status tanah tersebut resmi menjadi hak pakai oleh pemerintah kota pontianak.

Hendro mengatakan langkah selanjutnya Pemkot akan melakukan pendekatan terhadap masyarakat yang mendirikan bangunan semi permanen di atas tanah tersebut untuk segera dikosongkan.

"Dengan terbitnya sertifikat hari ini yang diserahkan oleh BPN ke Pemerintah Kota mereka bisa memahami bahwa secara sadar bahwa itu secara sah milik pemkot," ujar Hendro Subekti.

Dukung Penyelesaian Aset

Pelaksana tugas (Plt) Kepala ATR/BPN Kota Pontianak, Imawan menuturkan BPN Kota Pontianak siap mendukung penertiban aset milik pemerintah Kota Pontianak.

Halaman
12
Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved