Peringati HANI 2020, Kenali dan Perangi Tiga Jenis Narkoba yang Banyak Beredar di Kalbar

Kalimantan Barat ada tiga jenis narkoba yang lebih dominan peredarannya yakni Sabu-sabu, Pil Ekstasi beserta Happy Five dan Ganja.

TRIBUNPONTIANAK/Hadi Sudirmansyah
Kombes Pol Yohanes Hernowo - Direktur Resnarkoba Polda Kalbar 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Terkait memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2020.

Direktur Reserse Narkoba (Dir Resnarkoba) Polda Kalbar Kombes Pol Yohanes Hernowo mengajak semua pihak untuk bersama turut memberantas peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba. 

Sebagai informasi, di Kalimantan Barat ada tiga jenis narkoba yang lebih dominan peredarannya yakni Sabu-sabu, Pil Ekstasi beserta Happy Five dan Ganja.

Tanggapan Mahasiswa Kalbar di Momentum Hari Anti Narkotika Internasional Tahun 2020

"Ketiga narkoba ini sering ditemui saat dilakukan penindakan dan penegakan hukum oleh anggota jajaran Direktorat Resnarkoba hingga ke satuan reserse narkoba di lapangan," katanya pada Tribun Pontianak, Kamis (25/6/2020).

Narkoba jenis sabu dan pil ekstasi ini yang lebih sering ditemui, karena Kalbar begitu dekat dengan kawasan perbatasan RI-Malaysia, karena paling sering masuk dari Malaysia.

"Kalau untuk narkoba jenis tumbuhan yakni ganja, ini cukup jarang, karena Kalbar cukup jauh dari daerah yang dominan yakni Aceh dan Sumatera Utara."

"Tapi ada beberapa ditemukan dan berhasil di tangkap oleh anggota di lapangan," kata mantan Direktur Resnarkoba Polda Banten ini. 

Tak hanya itu, Yohanes Hernowo juga mengatakan hingga saat ini dari beberapa bulan dirinya menjabat sebagai Direktur Resnarkoba Polda Kalbar, ia masih belum menemukan bahan baku narkoba ini ada di Kalbar.

Akan tetapi dirinya tetap akan melakukan penyelidikan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba.

"Belum ada saya temukan bahan baku narkoba ini beredar di Kalbar, tapi kalau ada tetap kita lakukan penindakan dan dilakukan penyelidikan."

Halaman
12
Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved