Empat Daerah di Kalbar Zero Covid-19, Gubernur Sutarmidji Ajak Cegah Penularan Baru

Sebelumnya ada dua kasus Covid-19 di Kapuas Hulu, tujuh kasus di Sekadau, tiga kasus di Kayong Utara, dan lima kasus di Mempawah.

TRIBUNPONTIANAK/ANGGITA PUTRI
Gubernur Kalbar, Sutarmidji 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK  - Empat daerah di Kalbar kini zero kasus Covid-19. Daerah tersebut adalah Kapuas Hulu, Sekadau, Kayong Utara, dan Mempawah. Pada Jumat (26/6), seluruh pasien Covid-19 di empat daerah ini dinyatakan sembuh.

Sebelumnya ada dua kasus Covid-19 di Kapuas Hulu, tujuh kasus di Sekadau, tiga kasus di Kayong Utara, dan lima kasus di Mempawah. Seluruh kasus Covid-19 di empat daerah ini dinyatakan sembuh.

"Secara keseluruhan, langkah yang telah kita lakukan dalam percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Mempawah efektif dan optimal. Hasilnya, saat ini Kabupaten Mempawah sudah nol kasus. Enam pasien positif sudah dinyatakan sembuh dan tidak ada kasus positif baru," ujar Bupati Mempawah Hj Erlina.

Ia menilai, keberhasilan tersebut tidak terlepas dari komitmen semua pihak dalam menghadapi Covid-19. Termasuk pula masyarakat yang tetap mematuhi protokol kesehatan yang terus disosialisasikan Tim Gugus Tugas Covid-19 Mempawah.

"Mulai dari Kapolres, Dandim, Kajari, Kepala Pengadilan, Danyon, Dan Marhanlan semuanya bekerja optimal. Dengan demikian, penanganan di lapangan lebih efektif dan tepat sasaran, mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir," harapnya.

Kendati demikian upaya pencegahan tetap pihaknya lakukan agar tidak ada lagi warga yang positif Covid-19.

Pemetaan pada kelompok dan wilayah yang rentan penyeberan Covid-19 juga terus pihaknya lakukan. 

"Walaupun sudah tidak ada lagi pasien positif tapi kita tetap waspada, di antaranya dengan melalukan rapid tes massal pada instansi dan wilayah yang rentan. Ini gunanya untuk pemetaan, sehingga jika ada yang terdeteksi dapat segera dilakukan penanganan dan intervensi pencegahan," katanya.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan rencana aksi yang akan dilaksanakannya dalam percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Mempawah.

BREAKING NEWS : Update Corona Indonesia 26 Juni 2020, Bertambah 1.240 Orang Positif Covid-19

Rencana aksi tersebut sesuai instruksi Mendagri menyangkut bidang kesehatan, ekonomi dan penyediaan jaring pengaman sosial.

Halaman
123
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved