Cegah Penyebaran Virus Covid-19, Satbrimob Polda Kalbar Lakukan Penyemprotan Disinfektan Eco Enzym

Cairan eco enzym merupakan cairan fermentasi dari limbah organik buah-buahan, sayur, batang sayur, dan sampah organik lainnya.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
SEMPROT - Demi menekan penyebaran virus Covid-19, Satbrimob Polda Kalbar lakukan penyemprotan cairan disinfektan di tempat-tempat keramaian yang berada di wilayah Kabupaten Ketapang. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG - Demi menekan penyebaran virus Covid-19, Satbrimob Polda Kalbar lakukan penyemprotan cairan disinfektan di tempat-tempat keramaian yang berada di wilayah Kabupaten Ketapang.

Pada penyemprotan kali ini Satbrimob Polda Kalbar menggunakan cairan disinfektan eco enzym yang ramah lingkungan.

Cairan eco enzym merupakan cairan fermentasi dari limbah organik buah-buahan, sayur, batang sayur, dan sampah organik lainnya.

Cairan ini manfaatnya tidak hanya bisa dijadikan untuk mencegah penyebaran virus Coivid-19, tetapi juga bisa sebagai pengganti sabun mandi, pembersih lantai, pupuk cair untuk tanaman, untuk kumur mulut, obat ketombe dan banyak manfaat lainnya.

Pembuatan cairan eco enzym ini juga terbilang sangat mudah, cukup memfermentasi sayuran dan buah-buahan (80 % kandungan buah dan 20% sayuran) yang ada di sekitar dengan hitungan BIO.

1 molase , 3 Limbah sayur atau buah dan 10 liter air non PAM.

Kemudian cairan tersebut, ditempatkan dalam wadah tertutup dan tidak kena sinar matahari dan didiamkan selama 90 hari. 

Kegiatan penyemprotan kali ini Satbrimob Polda Kalbar bersama dengan TNI dan Relawan Covid Ketapang (RCK) mengawali penyemprotan di tempat ibadah yaitu di Masjid Al-Ikhlas dan Masjid Babul Khair yang berada di Kabupaten Ketapang.

Pengurus dari kedua Masjid tersebut sangat antusias dengan adanya kegiatan penyemprotan ini.

Mereka sangat berterimakasih dengan diadakannya kegiatan penyemprotan yang dilakukan di Masjid mereka.

Setelah selesai melakukan penyemprotan di kedua Masjid, Satbrimob Polda Kalbar dan TNI serta RCK kemudian memberi imbauan kepada masyarakat yang berada di sekitar Masjid agar mereka selalu menjaga kebersihan lingkungan mereka.

Pengurus Masjid juga diimbau agar selalu melaksanakan protokol kesehatan di Masjid mereka agar terhindar dari virus Covid-19.

Kegiatan ini memang perlu dilakukan untuk menekan penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Ketapang.

Kemudian harus selalu menjaga kebersihan lingkungan dan juga selalu melaksanakan protokol kesehatan di era new normal sekarang ini yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Mari kita cegah bersama penyebaran virus Covid-19 agar tidak adalagi korban akibat virus ini. (*)

Editor: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved