Eddy: Kelompok UMKM Rentan Terkena Imbas Covid-19

Eddy Suratman menuturkan kelompok UMKM saat ini memang paling rentan terkena imbas dari pandemi Covid-19.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FILE
Prof Dr Eddy Suratman 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Berdasarkan data dari Otoritas Jasa keuangan (OJK) sebanyak 98 persen debitur yang paling terdampak pandemi Covid-19 berasal dari kalangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Pengamat Ekonomi Kalbar, Eddy Suratman menuturkan kelompok UMKM saat ini memang paling rentan terkena imbas dari pandemi Covid-19.

Namun, lebih lanjut Eddy menjelaskan, berdasarkan penelitian dari International Labour Organization (ILO) di Indonesia menyatakan bahwa seluruh perusahaan swasta hingga UMKM 90 persen semuanya terdampak.

"Jadi bukan hanya UMKM saja, (usaha) yang besar dan sedang pun juga terdampak. Akan tetapi, untuk UMKM ini, khususnya usaha mikro kecil harus ada perhatian khusus," terangnya kepada Tribun Pontianak, Selasa (23/6/2020).

Berikut Strategi Usaha Bagi Pelaku UMKM di Kalbar Pasca Covid-19

Lebih lanjut, Eddy Suratman mengungkapkan jika pemerintah telah memberikan perhatian bagi pelaku UMKM yang terdampak Covid-19 melalui bantuan APBN secara nasional di Indonesia.

"Berdasarkan data, untuk tahun 2020, termasuk dalam penanganan Covid-19 itu sudah ada anggarannya. sebesar Rp 123 triliun uang dialokasikan untuk bantuan UMKM," ujar Eddy Suratman.

Dari anggaran Rp 123 triliun itu, pertama adalah untuk subsidi bunga Rp 35,28 triliun.

Kedua, penempatan dana restrukturisasi pinjaman di perbankan disediakan Rp 78 triliun.

Selanjutnya, untuk penjaminan modal kerja Rp 1 triliun. Ke empat, pajak penghasilan final UMKM juga diberikan kelonggaran diperkirakan sebesar Rp 2,4 triliun.

"Kemudian ada pembiayaan investasi kepada koperasi Rp 1 triliun. Kalau kita totalkan untuk penanganan Covid-19 bagi UMKM, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 123 triliun," imbuhnya.

Seorang Pria di Sekadau Ditemukan Gantung Diri, Ini Penyakit Yang Dideritanya

Halaman
12
Penulis: Septi Dwisabrina
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved