Berikut Strategi Usaha Bagi Pelaku UMKM di Kalbar Pasca Covid-19

Strateginya adalah melakukan penyesuaian dengan situasi yang ada. Misalnya dia mempunyai usaha makanan dipinggir jalan, cepat menyesuaikan.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FILE
Prof Eddy Suratman 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Pengamat Ekonomi Kalbar, Eddy Suratman membeberkan beberapa strategi bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ingin memulai usaha kembali pasca menghadapi pandemi Covid-19.

"Strateginya adalah melakukan penyesuaian dengan situasi yang ada. Misalnya dia mempunyai usaha makanan dipinggir jalan, cepat menyesuaikan. Itulah yang disebut normal baru," ujarnya, Rabu (24/6/2020).

Lebih lanjut, Eddy mengatakan harus ada pembatas dibuat antara penjual dan pembeli. Guna menghindari penyebaran Covid-19.

"UMKM dapat membuat pembatas menggunakan plastik. Sehingga ada keyakinan dari si pembeli atau konsumen, ketika makan di sana terjamin kesehatannya," terangnya.

Kemudian, pelaku usaha harus menyediakan tempat cuci tangan serta sabun. Sehingga konsumen dapat melakukan cuci tangan sebelum dan sesudah berinteraksi di lokasi penjualan.

"Ini adalah kebiasan-kebiasan yang harus kita lakukan karena dampak Covid-19. UMKM harus menyesuaikan bisnisnya dengan situasi itu," imbuh Eddy Suratman.

ASYIK! Token Listrik Gratis Diperpanjang Klaim Token Bulan Juli www.pln.co.id KLIK Stimulus Covid-19

Selain itu, Eddy menyarankan pelaku usaha dapat berpindah jenis dan metode usahanya, menyesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini.

"Bisnis dengan cara-cara online, mulai dari pemesanan hingga pengantaran produk dapat dilakukan secara online. Serta menjalankan usaha yang dibutuhkan masyarakat setelah adanya Covid-19," tuturnya.

Berkaca dari negara Eropa, anak muda di sana membangun bisnis baru dan telah berkembang. Seperti menjadi perantara rumah tangga untuk berbelanja di pasar.

"Jadi orang tua tidak perlu keluar rumah, cukup melalui anak-anak ini yang imunnya lebih kuat. Mereka membuat bisnis itu secara online. Pihak rumah tangga hanya menerima di pintunya dan untuk pembayaran via online juga," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Septi Dwisabrina
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved