Virus Corona Masuk Kalbar

Kalbar Punya Dua Alat RT PCR yang Sudah Beroperasi untuk Pemeriksaan Sampel Swab

Namun hanya dapat memeriksa sampel 7 sampai 10 orang perhari dan hanya digunakan untuk lokal saja.

ISTIMEWA
Gubernur Kalbar, Sutarmidji didampingi Rektor Untan, Garuda Wiko dan Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson meninjau laboratorium RS Untan untuk menguji virus corona, Sabtu (11/4/2020). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kalimantan Barat sampai saat ini untuk pemeriksaan sampel pasien Covid-19 sudah mempunyai dua alat Swab RT PCR yang sudah berfungsi.

Dua alat RT PCR tersebut berada di Laboratorium Rumah Sakit Universitas Tanjungpura dan di Laboratorium RSUD Soedarso.

Sebelumnya pemeriksaan sampel pasien di Kalbar harus dikirim ke Jakarta untuk mengetahui hasil apakah positif atau negatif covid-19 dengan menggunakan alat Swab RT PCR.

Namun seiring berjalannya waktu Kalbar pun mempunyai alat untuk pemeriksaan Swab dengan RT PCR di Laboratorium Untan dengan kuota sampel perhari hanya bisa memeriksa sampel dari 30 orang saja, selebihnya masih di kirim ke Jakarta.

Seorang Pedagang di Pasar Tebas Positif Virus Corona Covid-19, Warga yang Kontak Diminta Lapor

Pemeriksaan yang dilakukan di Laboratorium Untan tentu mempunyai hasil yang lebih cepat dibandingkan dengan harus dikirim ke pusat. Dengan demikian bisa lebih cepat untuk mengetahui hasil akhir dari swab pasien.

Saat ini Kalbar juga ada tambahan satu alat Swab PCR di Laboratorium RSUD Soedarso.

Namun hanya dapat memeriksa sampel 7 sampai 10 orang perhari dan hanya digunakan untuk lokal saja.

Akan tetapi standar Laboratorium juga mengikuti standar di RS Untan maupun pusat.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyampaikan bahwa semuanya harus terbiasa bekerja dengan menggunakan data, maka dari itu data harus lengkap .

“Waktu itu alat RT PCR di Untan terlalu ketat. Sehingga kalau masuk di situ 60 sampel. Jadi 60 sampel itu semuanya positif, tapi akhirnya kita minta standarisasi sama dengan pusat,” ujarnya, Kamis (11/6/2020).

Halaman
12
Penulis: Anggita Putri
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved