Dinas Kesehatan Gelar Screening Massal Rapid Test Diempat Desa di Kabupaten Kubu Raya

Dirinya juga berharap, kegiatan ini bisa didukung penuh oleh masyarakat, supaya bisa proaktif mau dilakukan rapid test.

TRIBUN PONTIANAK/Muzammilul Abrori
Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat melakukan screening massal Rapid Test pada empat desa di Kabupaten Kubu Raya. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat melakukan screening massal Rapid Test pada empat desa di Kabupaten Kubu Raya.

Bertempat di Kantor Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, kegiatan rapid test inipun dimulai, pada, Rabu (10/6/2020) .

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kubu Raya, Abang Darmawansyah menyampaikan, tujuan dari rapid test massal ini untuk mendekteksi secara dini, sampai sejauh mana penyebaran covid-19 di wilayah Kabupaten Kubu Raya.

Tegakkan Disiplin Protokol Kesehatan, Wabup Kubu Raya Sujiwo Puji TNI AU Lanud Supadio

Bantu Korban Banjir di Desa Pasir Mempawah, Chairussaib Apresiasi Respon Bupati Erlina

Darmawansyah juga mengatakan, pelaksanaan screening massal rapid test inipun akan dilakukan di empat desa yang ada di Kabupaten Kubu Raya, dengan batas kuota 800 alat rapid test dari dinas kesehatan provinsi Kalbar.

"Pemeriksaan screening massal rapid test ini kita mendapat bantuan. 

Sebelumnya kita telah mengajukan permohonan ke dinas kesehatan provinsi,"

"Alhamdulillah unsur-unsur yang terlibat didalam kegiatan rapid test ini pertama dari dinas kesehatan provinsi, tim teknis laboratorium kesehatan provinsi, lalu dinas kesehatan Kubu Raya, kepala-kepala desa setempat yang memfasilitasi tempat kegiatan ini," jelas Darmawansyah kepada Tribun.

Usulkan Dirikan Siaga SAR Kapuas Hulu Agar Percepat Respon Tim Pencarian

Untuk membantu mengumpulkan masyarakat yang menjadi sasaran rapid test, dinas kesehatan kubu raya juga dibantu oleh dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kubu Raya (Diskumindag), dan juga Dinas Perhubungan (Dishub).

"Usulan tahap pertama ini sasaran kita prioritaskan kepada para pedagang-pedagang yang sudah mengajukan usulannya itu dari disperindag,"

"Berikut juga dinas perhubungan, mereka mengajukan kepada dinas kesehatan Kubu Raya untuk melakukan rapid test bagi binaanya, seperti driver, kenet, lalu kapten kapal, tukang parkir dan lainnya," ucap dia.

Soal dan Jawaban TVRI Jumat 12 Juni SMP Kelas 7-9, Belajar Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungan

Dirinya juga berharap, kegiatan ini bisa didukung penuh oleh masyarakat, supaya bisa proaktif mau dilakukan rapid test.

"Tapi yang jelas ini merupakan langkah awal, jadi kami sangat mengharapkan dukungan dari masyarakat itu sendiri, supaya bisa proaktif mau dilakukan rapid test,"

"Agar nanti hasilnya kita bisa tahu apakah kabuoaten kubu raya menunjukkan arah potensi Covid-19 yang tinggi, atau memang mudah-mudahan semuanya non reaktif," tuturnya. (*)

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Zulkifli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved