Katedral Mulai Ibadah 14 Juni, Uskup Agung Pontianak Ingatkan Soal Pembatasan

Surat yang edaran yang saya keluarkan lebih memberi tuntunan kepada paroki dan dewan paroki mengambil kebijakan.

IST/Komsos Keuskupan Agung Pontianak
Mgr Agustinus Agus bersama OMK di Santo Fransiskus Assisi Singkawang Beberapa waktu lalu 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK  - Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus menyampaikan pihaknya telah memberikan surat edaran ke seluruh paroki di Kalbar tentang tata cara pengadaan kembali peribadatan di setiap gereja di masa New Normal.

Ditegaskannya, pelaksanaan ibadah di setiap gereja tergantung kesiapan dari pihak paroki, seperti kesiapan Gereja Katedral yang baru akan melaksanakan ibadah pada 14 Juni 2020, Minggu mendatang.

“Pelaksanaan itu dalam surat saya kepada paroki-paroki gereja itu lebih pada persiapan untuk dapat digunakan kembali untuk beribadah, tentu saja dengan cara baru, New Normal. Tentu saja acuan kita ialah surat edaran Menteri Agama bagaimana hidup era baru ini dengan pembatasan-pembatasan,’’ kata Uskup Agung Mgr Agus saat ditemui Tribun, Jumat (5/6).

“Surat yang edaran yang saya keluarkan lebih memberi tuntunan kepada paroki dan dewan paroki mengambil kebijakan. Kalau kamu sudah siap dengan syarat yang sudah diberikan silahkan, tetapi bagi yang belum siap tidak masalah,’’jelas Agustinus Agus.

Cegah Penularan Covid-19 di Sekolah, Sutarmidji Belum Izinkan Tatap Muka

Untuk gereja di wilayah pedesaan, Uskup Agung menuturkan agar dapat berkoordinasi dengan pihak kelurahan, desa dan kecamatan untuk menggelar kegiatan peribadahan yang sesuai dengan protokol kesehatan pemerintah.

Uskup Agung menilai, Covid-19 masih tetap ada hingga waktu yang tak dapat diperkirakan. Oleh sebab itu ia mengajak seluruh masyarakat untuk hidup sesuai dengan protokol kesehatan yang telah dikeluarkan pemerintah.

“Saya melihat bahkan mustahil menghapuskan Covid-19 ini dari muka bumi, maka kita harus mempersiapkan diri agar bisa hidup berdampingan. Saya sebagai tokoh agama mempersiapkan gereja agar yang ibadah dapat khusuk dan sebagainya namun tetap sehat,’’ katanya.

Untuk di Katedral Pontianak, Uskup Agung menyampaikan akan melaksanakan ibadah pada tanggal 14 Juni 2020. Pada minggu ini pihaknya masih akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu.

Dipaparkannya, sebelum dan sesudah pelaksanaan ibadah, maka akan dilakukan penyemprotan disinfektan di seluruh bagian geraja. Akan disiapkan tempat pencuci tangan yang disertai sabun.

Putut Prabantoro: The New Normal, ke Jakarta Aku kan Kembali

Kemudian, pihak gereja juga menyiapkan hand sanitazer, pengukur suhu, serta mewajibkan seluruh umat serta petugas yang akan beribadah mengenakan masker, khusus bagi koor juga akan dijaga jaraknya.

Halaman
123
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved