VIDEO: Pemprov Kalbar Harus Atur Strategi untuk Penerapan New Normal

Kedua yakni terkait penanganan dampak sosial dan ekonomi. Ketiga yakni perlindungan sosial karena dampaknya sangat kompleks.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat saat ini sedang gencar mempersiapkm penerapan Tatanan Kehidupan Normal atau New Normal yang saat ini sudah dimulai dari membuka aktivitas di Rumah Ibadah.

Liaison Officer (LO) Gugus Tugas Covid-19 perwakilan Pusat di Kalbar, Tumino Hadi menyampaikan bahwa ketua gugus tugas pusat sudah mengimbau kepada para ketua Gugus Tugas di masing-masing provinsi sampai Kabupaten untuk segera membuat rencana kontigensi untuk menuju New normal.

"Jadi di sini yang perlu diperhatikan yaitu yang pertama kita atur strateginya. Pertama itu bagaimana kekuatan sistem kesehatan yang harus dipenuhi di masa yang akan datang," ujarnya kepada Tribun Pontianak, Jumat (5/6/2020).

Penyaluran BLT Dana Desa di Sungai Rengas Dibagikan dengan Sistem Non Tunai

Jokowi Teken PP 25/2020, Bersiap Gaji PNS, TNI/Polri & Karyawan Swasta Dipotong untuk Iuran Tapera

Kedua yakni terkait penanganan dampak sosial dan ekonomi.

Ketiga yakni perlindungan sosial karena dampaknya sangat kompleks.

"Setelah melihat strateginya itu maka kita akan segera menentukan kebijakan- kebijakan."

"Contohnya kebijakan pertama tentang pembatasan pergerakan orang dan kendaraan, penguatan kegiatan survailent, penguatan sistem penanganan covid-19 itu sendiri dan menjamin kegiatan pendidikan di seluruh jenjang, " jelasnya.

Kelima yakni memastikan ketersediaan dan stabilitas kebutuhan pokok, pemberian insentif untuk UMKM, perkuat ketahanan pangan, merelaksasi pajak kendaraan, bantuan sosial non tunai atau bahan pangan.

"Selain itu ada juga bantuan keuangan di kabupaten, dan bantuan sosial tunai yang sudah di canangkan mungkin itu yg prioritas. Saya harapkan Kalbar sudah membuat rencana untuk menuju new normal ," jelasnya.

Ia menyampaikan bahwa keputusan mulai dari perencanaan hingga eksekusi pusat hanya mengimbau kepada para ketua gugus tugas provinsi kabupaten kota untuk segera menerapkan new normal.

Segala keputusan seluruhnya kembali ke daerah masing- masing. (*)

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Anggita Putri
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved