Penyaluran BLT Dana Desa di Sungai Rengas Dibagikan dengan Sistem Non Tunai

Hal itupun membuat Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Pemerintah Desa Sungai Rengas.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Penyerahan bantuan secara simbolis oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Aula Pondok Pesantren An-Nur Desa Sungai Rengas, pada Kamis (5/6/2020). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Meski bertajuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), Pemerintah Desa Sungai Rengas menyalurkannya dengan sistem nontunai melalui Cash Management System Bank Kalbar.

Dalam penyaluran yang dilakukan pada Kamis (4/6/2020) kemarin itupun, terdapat sebanyak 242 Kepala Keluarga terdampak Covid-19 di Desa Sungai Rengas, Kecamatan Sungai Kakap, yang menerima BLT tersebut.

Hal itupun membuat Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Pemerintah Desa Sungai Rengas.

Sebab Menurut Muda, dengan cara non tunai, membuat panyaluran BLT dapat transparan dan akuntabel.

BLT DD Mulai Disalurkan, Dinas PMD Sekadau Ingatkan Agar Penerima Tepat Sasaran

“Yang paling utama adalah bahwa dengan cara ini ada konsistensi dengan pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa di Kubu Raya yang juga telah dilakukan dengan nontunai sejak beberapa waktu lalu. Mudah-mudahan desa lainnya juga mengikuti cara ini,” tutur Muda Mahendrawan, pada Jumat (5/6/2020).

Lanjut Muda mengatakan, cara inipun sebenarnya meneruskan apa yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya selama ini, yaitu pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa dengan sistem nontunai.

Maka dari itu dirinya berharap, sistem nontunai yang diterapkan Desa Sungai Rengas dapat diikuti desa-desa lainnya di Kabupaten Kubu Raya.

Sebab selain transparan dan akuntabel, sistem nontunai juga dikatakan Muda, membuat proses penyaluran bantuan menjadi efisien dan efektif.

“Jadi tidak ada kerepotan lagi mesti mengumpulkan orang setiap saat akan menyalurkan BLT,” ujarnya.

Terkait penyaluran BLT dana desa di Kubu Raya, Muda bersyukur karena telah dilakukan di 63 desa atau lebih dari separuh jumlah desa di Kubu Raya yang sebanyak 117 desa.

Halaman
12
Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved