Breaking News:

Diskusi Parenting Cerlang Bahas Cara Orangtua Kenali Minat dan Bakat Anak di Tengah Pandemi Covid-19

Sri Wahyaningsih, pendiri Sanggar Anak Alam (Salam) Yogyakarta, sekolah model yang menerapkan pendidikan berbasis riset sesuai minat dan bakat anak.

Penulis: Haryanto | Editor: Haryanto
ISTIMEWA/ SEKOLAH ALAM TERPADU CERLANG
PARENTING - Diskusi Parenting “Memetik Manfaat Belajar di Rumah Saat Pandemi: Kenali Minat dan Bakat Anak”, Sabtu (6/6/2020). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sekolah Alam Terpadu CERLANG bersama Yayasan Suar Asa Khatulistiwa (SAKA) dan Sekolah Canopy menggelar diskusi parenting secara Daring, dengan tema “Memetik Manfaat Belajar di Rumah Saat Pandemi: Kenali Minat dan Bakat Anak”.

Diskusi live diselenggarakan pada Sabtu (6/6/2020) pukul 13.00 hingga 15.00 WIB, bisa disaksikan tayangannya di laman Facebook Cerlang Sekolahku.

Diskusi menghadirkan pembicara Sri Wahyaningsih, pendiri Sanggar Anak Alam (Salam) Yogyakarta, sekolah model yang menerapkan pendidikan berbasis riset sesuai minat dan bakat anak.

Sri Wahyaningsih memiliki beragam pengalaman dalam membangun kesadaran orangtua, guru, dan masyarakat tentang pentingnya pendidikan yang memerdekakan.

TK Cerlang Tampilkan Angklung di Acara Ayah Now untuk Generasi Alfa

Dia merupakan tokoh pendidikan yang telah dianugerahi beberapa penghargaan. Antara lain Fellow Ashoka Indonesia-organisasi kewirausahaan sosial global.

“Kita ajak anak-anak mengembangkan ide dan gagasan, ajak anak mengembangkan pertanyaan. Misalnya anak ingin riset tentang layang-layang, tanya bahannya apa saja, bagaimana cara membuatnya, dan lain-lain. Ajak anak menemui narasumber, yaitu orang yang ahli membuat layangan. Kalau layangannya gagal terbang, kita ajak evaluasi apa penyebabnya. Apakah karena rangkanya tidak simetris, atau penyebab yang lain,” kata perempuan yang akrab disapa Wahya tersebut dalam rilis yang diterima Tribunpontianak.co.id.

Cerlang menggagas diskusi daring ini untuk membantu orangtua murid Cerlang dan orangtua pada umumnya serta guru, untuk menggali minat dan bakat anak.

Belajar di rumah saat pandemi Covid-19 merupakan kesempatan bagi orangtua lebih intens berkomunikasi dengan anak dan melakukan observasi terhadap anak.

“Biasanya orangtua dan anak tak punya banyak waktu bersama, karena sekolah dan les. Masa belajar di rumah bisa dimanfaatkan orangtua untuk mengenali minat dan bakat anak,” kata Sri Wartati, Pengelola Sekolah Alam Terpadu Cerlang.

FOTO: Penampilan Tari Dengkul Gong Xi Siswa Sekolah Alam Terpadu Cerlang di Panggung Cap Go Meh

Diskusi turut dihadiri Ketua Himpaudi Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie, di antara puluhan peserta diskusi daring yang tak hanya berasal dari Kota Pontianak dan sekitarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved