BLT DD Mulai Disalurkan, Dinas PMD Sekadau Ingatkan Agar Penerima Tepat Sasaran

Bayu menjelaskan musyawarah desa menjadi penentu dalam tepat tidaknya sasaran BLT DD yang disalurkan.

TRIBUNPONTIANAK/MARPINA SINDIKA WULANDARI
Kepala Dinas PMD Kabupaten Sekadau, Bayu Dwiharsono. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Pemkab Sekadau serahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) kepada Kepala Desa di Kabupaten Sekadau.

Kepala Dinas PMD Sekadau, Bayu Dwiharsono menyebut hal ini sebagai upaya penanganan pandemi Covid-19 di desa, Jumat (4/6/2020)

Bayu mengatakan, penyerahan BLT DD baru dilakukan karena pihak Desa harus melakukan berbagai tahapan untuk menentukan penerima manfaat.

"BLT DD tidak boleh tumpang tindih dengan bantuan sosial lainnya, sehingga harus melewati berbagai tahapan dan musyawarah desa untuk memastikan calon penerima manfaat," jelas Bayu usai penyerahan BLT DD secara simbolis oleh Bupati Sekadau kepada Kepala Desa Batu Pahat dan Sungai Ayak Dua.

SMPN 1 Ketapang Pastikan Tidak Ada Akitivitas Belajar Tatap Muka Hingga 13 Juli 2020

Bayu menjelaskan musyawarah desa menjadi penentu dalam tepat tidaknya sasaran BLT DD yang disalurkan.

Dengan musyawarah desa diharapkan juga data penerima manfaat lebih akurat, tidak menimbulkan banyak perubahan dan keberatan dari warga masyarakat.

"Setelah dari musdes, Kepala desa mengeluarkan peraturan kepala desa tentang penetapan penerima manfaat, selanjutnya diserahkan ke Camat dan oleh Camat disampaikan kepada Bupati disahkan," jelasnya.

Untuk penyaluran bantuan langsung tunai, akan dilaksanakan secara non tunai. Melalui Bank Kalbar Cabang Sekadau.

Mekanisme penyaluran nanti akan diatur oleh Bank Kalbar sesuai dengan kesepakatan terkait dengan jadwal penyaluran dan tempat penyaluran.

Bagi desa yang jauh dari tempat pelayanan Bank Kalbar, dimungkinkan penyaluran oleh Bank Kalbar ke desa penerima manfaat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Halaman
12
Penulis: Marpina Sindika Wulandari
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved