Virus Corona Masuk Kalbar

Perlu Penguatan Peran Pendidikan Vokasi Berbasis Iptek Pertanian di Tengah Pandemi Covid-19

Sayangnya, tidak semua warga masyarakat mampu untuk memenuhi anjuran tersebut terlebih bagi mereka yang serba kekurangan secara ekonomi.

KOLASE/TRIBUNPONTIANAK.CO.ID
Guru Besar Politeknik Negeri Pontianak, Prof Dr Ir Hj Nurmala MM. 

Citizen Reporter
Prof. Dr. Ir. Hj. Nurmala, M.M.
Guru Besar Politeknik Negeri Pontianak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pandemi Covid-19 dengan “virus corona” sebagai pelaku utamanya telah membuat porak poranda tatanan kehidupan dunia yang selama ini relatif aman dan tentram menjadi berkecamuk penuh dengan ketidakpastian.

Dahsyatnya penyebaran virus yang mengancam nyawa manusia di muka bumi membuat semua orang menjadi khawatir sehingga dilakukan berbagai upaya seperti penerapan PSBB.

Ada hikmah dibalik pandemi Covid-19 sebagai pembelajaran yang sangat berharga untuk menata kembali kehidupan yang jauh lebih sehat dengan senantiasa memerhatikan kebersihan baik individu maupun komunitas masyarakat serta lingkungan hidup di sekeliling kita.

Anjuran untuk senantiasa cuci tangan dengan sabun, menggunakan masker, menjaga kesehatan, dan memakan makanan bergizi harus menjadi panduan kehidupan sehari-hari yang harus dipatuhi oleh seluruh warga masyarakat.

Protokol New Normal, Pro Kontra Rumah Ibadah Wajib Miliki Surat Keterangan Aman dari Covid-19

Sayangnya, tidak semua warga masyarakat mampu untuk memenuhi anjuran tersebut terlebih bagi mereka yang serba kekurangan secara ekonomi.

Bagi Negara kita tercinta Indonesia, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menyediakan bahan makanan sehari-hari karena sudah dikenal sebagai Negara agraris yang memiliki potensi sumber daya alam melimpah.

Tetapi karena terjadi pergeseran paradigma yang lebih mengandalkan komoditas impor termasuk bahan makanan pokok, maka citra dan reputasi Negara agraris Indonesia menjadi sirna.

Di tengah pandemi Covid-19 seperti yang dihadapi saat ini, barulah kita tersadar bahwa pembangunan di bidang pertanian menjadi lebih penting daripada bidang lainnya karena bidang ini langsung berkontribusi terhadap penyediaan kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari.

Bagi dunia pendidikan sudah selayaknya dikembangkan pemikiran untuk melakukan penguatan terhadap peran pendidikan, khususnya pendidikan vokasi berbasis iptek pertanian.

Halaman
123
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved