Tempat Ibadah Dibuka 1 Juni 2020, Gereja Katolik di Kaltim Tunggu Edaran Keuskupan Agung

Wakil Keuskupan Agung Samarinda Pastor Moses Komela Avan mengaku tengah mempersiapkan fasilitas kesehatan di sejumlah gereja.

TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Sejumlah umat kristen Protestan dan Katolik saat mengikuti ibadah natal Oikoumene provinsi Kalimantan Barat tahun 2019 di gedung Sport Center Supriyadi Kodam XII Tanjungpura, Kubu Raya, Kamis (9/1/2020). Perayaan natal Oikoumene provinsi Kalimantan Barat tahun 2019 ini mengangkat tema "Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang (Yoh 15:14-15). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Wakil Keuskupan Agung Samarinda Pastor Moses Komela Avan mengaku tengah mempersiapkan fasilitas kesehatan di sejumlah gereja.

Langkah ini dilakukan setelah Pemerintah Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur berencana akan membuka seluruh tempat ibadah pada 1 Juni mendatang.

Hal itu sesuai Surat Edaran Wali Kota Samarinda Nomor 360/003/300.07 tentang Fase Relaksasi Tahap Pertama Pengendalian Covid-19 di Kota Samarinda,Kamis (28/5/2020).

“Karena menunggu surat edaran Keuskupan Agung Samarinda untuk mengatur mekanisme ibadah dengan memperhatikan protokol kesehatan,” ungkap Wakil Keuskupan Agung Samarinda, Pastor Moses Komela Avan dikutip dari Kompas.com, Sabtu (30/5/2020).

Seiring dengan hal itu, pihaknya juga menyiapkan waktu untuk sosialisasi ke tingkat stasi (kelurahan) terkait protokol kesehatan.

“Sosialisasi itu penting, sehingga umat yang hadir di gereja wajib mematuhi aturan saat ibadah,” terangnya.

Protokol kesehatan tersebut yakni jemaah wajib menggunakan masker, penyusunan kursi di dalam gereja disusun dengan tetap menjaga jarak aman minimal 1 meter.

“Jadi kami butuh waktu persiapan. Harus benar-benar matang, karena penyebaran Covid-19 ini sangat mudah dan cepat,” jelasnya.

Untuk itu, Keuskupan Agung saat ini masih menyusun panduan atau mekanisme yang diperuntukan bagi jemaah selama beribadah dengan merujuk pada protokol kesehatan.

Selain itu, pihaknya juga masih memantau kegiatan ibadah di daerah lain di Indonesia seiring dengan penerapan new normal di tengah pandemi Covid-19.

“Kemungkinan (ibadah) di gereja dilaksanakan secara serentak di Kaltim. Soal waktu belum dipastikan. Apakah Minggu, 7 Juni 2020 sudah ibadah di gereja atau belum,” pungkasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Dibuka 1 Juni, Gereja Katolik di Kaltim Tunggu Edaran Keuskupan Agung.

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved