Pandangan Umum Penerapan New Normal dalam Kegiatan Bidang Olahraga Rekreasi

Menurutnya, untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, masyarakat dapat melakukan berbagai kegiatan olahraga.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kalimantan Barat (Kalbar), Adiyudha Permana. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pandemi Covid- 19 berdampak pada seluruh tatanan keolahragaan di Indonesia dan sektor Rekreasi yang meliputi olahraga Kesehatan Kebugaran, Olahraga Tradisional, Olahraga Petualangan Tantangan, dan Pariwisata Olahraga.

Hingga saat ini pun pemerintah akan menerapkan New Normal.

Dengan demikian Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kalimantan Barat (Kalbar), Adiyudha Permana memberikan pandangannya terhadap kegiatan olahraga rekreasi yang dapat dilakukan oleh masyarakat, Sabtu (30/5/2020).

Menurutnya, untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, masyarakat dapat melakukan berbagai kegiatan olahraga.

Dengan Protokol Kesehatan Ketat, Ratusan PMI Dipulangkan Gunakan Kapal Laut

Namun pada bidang olahraga rekreasi new normal seperti apa yang dapat dilakukan pada olahraga Rekreasi?

Adiyudha Permana memberikan tiga cara untuk tetap menjaga kebugaran tubuh di tengah pandemi dan dalam penerapan New Normal.

Pertama, masyarakat umum baik partisipan aktif maupun partisipan pasif hanya diperbolehkan berolahraga untuk kebugaran di rumah dan di sekitar halaman rumah dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Kedua, masyarakat baik partisipan aktif maupun partisipan pasif perlu disediakan stand kesehatan oleh pemerintah di tempat-tempat umum olahraga, diperiksa dengan suhu tubuh normal maupun tinggi, melakukan olahraga wajib dengan menggunakan masker untuk mengurangi resiko penularan covid-19.

"Mempraktekkan physical distancing dengan minimal jarak dua meter dengan orang lain, tetap membiasakan cuci tangan ditempat yang disediakan oleh masyarakat maupun pemerintah," ungkapnya.

Kemudian yang ketiga, lanjutnya, penyelenggaraan ivent keolahragaan rekreasi melalui induk-induk cabang olahraga rekreasi, ditegaskannya wajib berkoordinasi dan mengikuti SOP yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui FORMI.

Hal tersebut dikatakannya sebagai bentuk menjaga dan mengantisipasi agar kondisi tetap kondusif dalam pencegahan dan memutus mata rantai penularan Covid-19 di masyarakat. (*)

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved