KHAZANAH ISLAM

Besok Hari Terakhir, Ini Cara Mudah Cocokkan Arah Kiblat saat Matahari Tepat di Atas Kakbah

https://www.tribunnews.com/nasional/2020/05/27/cara-mencocokkan-arah-kiblat-ketika-matahari-di-atas-kabah-27-dan-28-mei-2020?page=all.

ABDEL GHANI BASHIR/AFP
Kakbah 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Besok akan menjadi hari terakhir untuk anda mencocokan arah kiblat ketika matahari tepat di atas kakbah, pada 27-28 Mei 2020.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memang telah melansir bahwa pada tanggal 27 dan 28 Mei 2020 matahari akan melewati tepat di atas Masjidil Haram atau Kakbah, di Kota Mekah, Arab Saudi.

Dalam waktu Indonesia, posisi matahari tepat di atas Kakbah akan terjadi pada pukul 16.18 WIB.

Hal tersebut bisa dimanfaatkan umat Islam untuk mengecek kembali arah kiblat saat salat sudah tepat atau belum.

Kapan Waktu Terbaik Memulai Ibadah Puasa Syawal? Ini Penjelasan Ustaz, Lengkap Niat & Doa Buka Puasa

Dikutip dari Tribunnews.com, Ahli Ilmu Falak atau Astronomi dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Dr Muh Nashirudin MA MAg menjelaskan, hal ini merupakan salah satu hikmah perpindahan kiblat dari Masjidil Aqsa ke Masjidil Haram.

"Dalam ilmu falak, kita mengenal ini sebagai Istiwa' A'dham, atau Rashdul Qiblah Global," ujar Nashirudin.

"Salah satu hikmah perpindahan adalah matahari tepat di atas Ka'bah atau melintasi Masjidil Haram yang itu bisa menjadi sarana untuk menentukan arah kiblat terutama di Indonesia," tambahnya.

Sementara itu, pihak BMKG menyebutkan jika peristiwa ini hanya berlaku untuk Indonesia bagian barat dan tengah bagian barat.

Namun jika tepat pada tanggal tersebut cuaca tidak memungkinkan, mendung atau hujan yang menghalangi sinar matahari, pengecekan dapat dilakukan pada bulan Juli 2020 nanti.

"Bila bulan ini karena cuaca yang tidak memungkinkan, tidak ada sinar matahari yang dipakai untuk menentukan arah kiblat, kita masih ada kesempatan nanti di bulan Juli, tepatnya tanggal 15 dan 16 Juli 2020," kata Nashirudin.

Hari Ini, Matahari Tepat di Atas Kakbah: Waktunya Perbaiki Arah Kiblat Sholat

Jamaah umrah sedang melakukan tawaf mengelilingi Kabah di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, awal Februari 2013.
Jamaah umrah sedang melakukan tawaf mengelilingi Kabah di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, awal Februari 2013. (Tribunnews.com/Dewi Agustina)
Halaman
12
Editor: Haryanto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved