Breaking News:

Idul Fitri 2020

Ribuan Jemaah Salat Idulfitri di Masjid Jami, Pengurus Sebut Ikuti Protokol Kesehatan Cegah Covid-19

Jemaah Masjid Jami' Sultan Syarif Abdurrahmah Al-Qadri Pontianak yang justru mengalami peningkatan hingga ribuan jemaah.

Penulis: Muhammad Rokib | Editor: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
TRIBUNPONTIANAK/MUHAMMAD ROKIB
SALAD ID - Ribuan jemaah mendengarkan khotbah saat salat Idulfitri 2020 di Masjid Jami' Sultan Syarif Abdurrahman Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Minggu (24/5/2020). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pelaksanaan salat Idulfitri di tengah pandemi covid-19 seharusnya mengalami penurunan jumlah jemaah karena diimbau agar masyarakat tetap di rumah saja.

Namun tidak pada jemaah Masjid Jami' Sultan Syarif Abdurrahmah Al-Qadri Pontianak yang justru mengalami peningkatan hingga ribuan jemaah yang memadati pada pelaksanaan salat Idulfitri 1441 Hijriah tahun 2020 ini.

Hal ini dikatakan oleh Ketua Lembaga Jemaah Masjid Jami' Sultan Syarif Abdurrahman Alqadri Pontianak, Muhammad Yusuf Alqadri saat diwawancara oleh wartawan usai salat id.

Tips Silaturahmi Virtual 8 Orang Sekaligus dengan WhatsApp di Hari Raya Idulfitri 2020

Menurutnya bertambahnya jumlah jemaah dalam pelaksanaan salat id tahun ini dikarenakan banyaknya masjid dan berbagai tempat di Kota Pontianak yang tidak melaksanakan salat id.

Sehingga umat muslim berbondong-bondong memadati Masjid Jami'.

"Karena banyak masjid dan lapangan-lapangan yang tidak melaksanakan salat id, jadi ada peningkatan jemaah dari pada tahun sebelumnya,” kata Yusuf saat diwawancarai wartawan usai salat id di Masjid Jami' Sultan Syarif Abdurrahman Alqadri Pontianak, Kalbar, Minggu (24/5/2020).

“Sekitar dua hingga tiga ribu jemaah yang melaksanakan salat id di Masjid Jami' saat ini," ujarnya.

Sejarah Minal Aidin Wal Faizin dan Arti yang Bukan Mohon Maaf Lahir dan Batin Jadi Ucapan Idulfitri

Namun demikian meski ribuan jemaah yang memadati pelaksanaan salat id di Masjid Jami', dikatakan Yusuf bahwa pihaknya tetap mengikuti protokol kesehatan dan bahkan dari jauh-jauh hari telah dipersiapkannya demi mencegah Covid-19.

"Pada jumat yang lalu itu telah kami sampaikan kepada jemaah agar mengikuti protokol kesehatan, memakai masker dan bahkan mengambil air wudhu dari rumah," tuturnya.

"Kami sediakan 3 ribu masker untuk para jemaah, jadi sebelum melaksanakan salat id kami bagikan kepada jemaah dan kami juga menyiapkan tempat cuci tangan, serta ada juga jemaah yang membawa perlengkapan ibadah sendiri," ungkapnya.

Ribuan masker tersebut dikatakan Yusuf juga dibantu oleh donatur dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, namun ia tidak menyebutkan namanya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved