Fasilitas Desa Disegel

Terungkap,30 Tahun Sengketa Tapal Batas Berbuntut Penyegelan Fasilitas di Desa Bungkong Baru Sintang

Terakhir Bupati Sintang, Jarot Winarno bahkan melayangkan surat permohonan ke Ditjen Bina Administrasi Kewilayahaan dan Ditjen Bina Pemerintahan Desa

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Sejumlah fasilitas umum Desa Bungkong Baru, Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang, disegel oleh oknum warga Desa Sunsong, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sintang, karena beberapa fasum tersebut diakui masuk dalam wilayah desa Sunsong. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,SINTANG - Sengketa batas wilayah desa antar kabupaten Sintang dan Sekadau yang terjadi di Desa Bungkong Baru dan Desa Sunsong sudah berlangsung lebih dari 30 tahun.

Berbagai upaya sudah ditempuh oleh Pemkab Sintang untuk menyelesaikan sengketa batas yang menahun tak kunjung selesai dan berujung pada penyegelan fasilitas umum Desa Bungkong Baru, Kecamatan Sepauk, yang diduga dilakukan oleh oknum Desa Sunsong, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau.

Terakhir Bupati Sintang, Jarot Winarno bahkan melayangkan surat permohonan ke Ditjen Bina Administrasi Kewilayahaan dan Ditjen Bina Pemerintahan Desa (Kemendagri).

Surat permohonan tertanggal 27 Maret 2020 tersebut, tentang percepatan penyelesaian sengketa batas antara Desa Bungkong Baru, Kabupaten Sintang, dan Desa Sunsong, Kabupaten Sekadau.

KATALOG PROMO JSM INDOMARET 22 Mei 2020, Ada 36 Produk Unggulan dengan Harga Spesial

Bupati Jarot Minta Maaf, Tahun Ini Open House di Pendopo Ditiadakan

Ada tiga poin permohonan Pemkab Sintang dalam surat tersebut.

Pertama, Pemkab Sintang meminta Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan (Kemendagri) untuk mempercepat penyelesaian batas antara Desa Sunsong (Kabupaten Sekadau) dan Desa Bungkong Baru Kabupaten Sintang.

“Ini penting mengingat konflik batas ini telah berlangsung lebih dari 30 tahun.

Slain itu, pada tahun 2020 ini akan dilaksanakan Pilkada di Kabupaten Sintang dan Kabupaten Sekadau yang berpotensi menimbulkan permasalahan terkait dengan penempatan (TPS) dan sebagainya,” tulis surat permohonan poin pertama.

Kemudian, Pemkab Sintang juga meminta Ditjen Bina Pemerintahan Desa untuk menetapkan kode dan data wilayah administratif pemerintahan Desa Bungkong Baru, Kecamatan Sepauk.

“Perlu kami sampaikan bahwa Pemkab Sintang dalam 3 tahun terakhir selalu mengusulkan penetapan kode dan data wilayah administratif pemerintahan desa Bungkong. 

Halaman
123
Penulis: Agus Pujianto
Editor: Zulkifli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved