Idul Fitri 2020

Cara Bikin Ketupat Dari Janur Kelapa, Panduan Mudah Foto Cara Membuat Ketupat Janur Untuk Lebaran

Ketupat paling banyak ditemui pada saat perayaan Lebaran sampai 5 hari berikutnya ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/NASARUDDIN
Ilustrasi ketupat janur. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Ketupat atau kupat (Jawi: کتوڤت; Jawa: ꦏꦸꦥꦠ꧀, kupat) adalah hidangan khas Asia Tenggara maritim.

Berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa muda (janur), atau kadang-kadang dari daun palma yang lain.

Ketupat paling banyak ditemui pada saat perayaan Lebaran sampai 5 hari berikutnya ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa.

Dikutip dari Wikipedia, makanan khas yang menggunakan ketupat, antara lain kupat tahu (Sunda), katupat kandangan (Banjar), grabag (Magelang), kupat glabet (Kota Tegal), coto makassar (dari Makassar, ketupat dinamakan katupa), lotek, tipat cantok (Bali), serta gado-gado yang dapat dihidangkan dengan ketupat atau lontong. Ketupat juga dapat dihidangkan untuk menyertai satai, meskipun lontong lebih umum.

Bagaimana Cara Masak Ketupat yang Cepat ? Ini Tips Cara Merebus Ketupat Agar Cepat Matang

RESEP Sayur Ketupat Khas Lebaran Idul Fitri, Makanan Pendamping Saat Menyantap Ketupat

Selain di Indonesia, ketupat juga dijumpai di Malaysia, Brunei, dan Singapura. Di Filipina juga dijumpai bugnoy yang mirip ketupat namun dengan pola anyaman berbeda.

Ada dua bentuk utama ketupat yaitu kepal bersudut tujuh (lebih umum) dan jajaran genjang bersudut enam. Masing-masing bentuk memiliki alur anyaman yang berbeda.

Untuk membuat ketupat perlu dipilih janur yang berkualitas yaitu yang panjang dan lebar, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.

Bagi umat muslim, lebaran merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu untuk kumpul keluarga dan mengadakan acara yang semakin menyatukan dan berbagi kebahagiaan satu sama lain.

Lebaran juga terasa tidak lengkap tanpa adanya makanan ketupat yang identik dengan momen lebaran itu sendiri.

Buktinya saja, di mana ada ucapan selamat Idul Fitri tertera dua buah gambar ketupat atau lebih.

Halaman
12
Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Rizky Prabowo Rahino
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved