Idul Fitri 2020

Jelang Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1441 H, Cuaca Kalbar Diprediksi Hujan pada Jumat 22 Mei 2020

Jelang pelaksanaan rukyatul hilal atau pemantauan bulan sabit yang dijadikan dasar penetapan awal Syawal, peringatan dini disampaikan BMKG.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANESH VIDUKA
Ilustrasi Pemantauan Hilal 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kementerian Agama (Kemenag) dijadwalkan menggelar sidang isbat atau penetapan 1 Syawal 1441 Hijriyah pada, Jumat 22 Mei 2020.

Melansir kemenag.go.idMenteri Agama (Menag) Fachrul Razi dijadwalkan akan memimpin langsung sidang isbat.

"Isbat awal Syawal digelar 22 Mei 2020. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR," terang Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Agus Salim, di Jakarta, pada Sabtu (16/5/2020) lalu.

"Peserta dari unsur pimpinan ormas Islam kita undang untuk mengikuti sidang isbat melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan," lanjutnya.

Dijelaskan Agus, tahapan sidang isbat dilakukan sebagaimana awal Ramadan lalu.

Sesi pertama dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Syawal 1441H oleh anggota Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Setelah Magrib, sidang Isbat dibuka Menteri Agama RI, dilanjutkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 80 titik di seluruh Indonesia.

"Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag," katanya.

Kalbar Diprediksi Hujan

Jelang pelaksanaan rukyatul hilal atau pemantauan bulan sabit yang dijadikan dasar penetapan awal Syawal, peringatan dini disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) perihal prakiraan cuaca Kalimantan Barat (Kalbar), pada Jumat (22/5/2020).

Halaman
1234
Penulis: Haryanto
Editor: Haryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved