Aplikasi Layanan Bayar Zakat Online dan Hukum Bayar Zakat Fitrah Online Tanpa Ijab Qabul

Selama musim pandemi Virus Corona Covid-19, pelaksanaan bayar zakat fitrah secara langsung tidak dianjurkan karena akan menimbulkan kerumunan.

GRAFIS TRIBUN PONTIANAK/ENRO
Aplikasi Layanan Bayar Zakat Online dan Hukum Bayar Zakat Fitrah Online Tanpa Ijab Qabul 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kewajiban membayar zakat fitrah berlaku untuk setiap umat muslim di Bulan Ramadan yang telah memenuhi syarat dan ketentuan.

Namun selama musim pandemi Virus Corona Covid-19, pelaksanaan bayar zakat fitrah secara langsung  tidak dianjurkan karena akan menimbulkan kerumunan atau keramaian.

Pemerintah justru menerapkan aturan ketat selama pandemi covid-19 agar masyarakat tetap di rumah, menggunakan masker jika terpaksa harus keluar dan selalu jaga jarak, sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona covid-19.

Lantas bagaimana yang hendak menunaikan pembayaran zakat fitrah, zakat mal, infaq dan sadaqah tidak perlu khawatir Badan Amil Zakat Nasional menyiapkan layanan online dengan cara transfer.

Caranya sangat gampang bisa langsung masuk ke laman website baznas https://baznas.go.id/bayarzakat lalu isilan formulir dari jenis zakat yang akan dibayarkan, nama, nomor handphone.

Pembayarannya sendiri terdiri dari beberapa jenis pembayaran digital, seperti OVO, Dana, Gopay, Link Aja. Kalau via bank bisa transfer atau pakai paypal.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pontianak, Nasrullah menuturkan penyaluran zakat fitrah, mal, infaq dan shadaqah bisa melalui sistem transfer ke rekening Baznas.

Hal ini dilakukan ditengah adanya pandemi Covid-19 dan harus menerapkan physical distancing untuk membantu masyarakat memutuskan mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Selain itu, Zakait bisa diserahkan langsung kepada Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di masjid terdekat.

"Kita juga sudah arahkan dari beberapa saat yang lalu untuk setiap UPZ juga membuat rekening," ungkap Nasrullah, Kamis (23/4/2020).

Halaman
1234
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved