Wabah Virus Corona

Presiden China Janji Beri Bantuan Finansial ke Negara Berkembang dan Penyediaan Vaksin Covid-19

Xi Jinping juga menyatakan, dia mendukung adanya rencana untuk menyelidiki respons global terhadap virus corona yang mewabah sejak akhir Desember 2019

AFP / ALEXEY NIKOLSKY
Presiden China, Xi Jinping. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BEIJING - China menjanjikan bantuan finansial 2 miliar dollar AS (Rp 29 triliun) selama dua tahun untuk membantu memerangi Covid-19.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Xi Jinping dalam pertemuan virtual Badan Kesehatan Dunia (WHO), di mana dia juga menekankan bahwa negaranya sudah transparan

Dilansir Channel News Asia Senin (18/5/2020), bantuan sebesar 2 miliar dollar AS atau Rp 29 triliun itu terutama untuk membantu negara berkembang.

CHINA MURKA, 62 Negara termasuk Indonesia Dorong Penyelidikan Virus Corona

CHINA Vs Australia Memanas, Tiongkok Tolak Ajakan Negeri Kangguru Berunding | Perang Dagang Jilid 2?

Xi Jinping juga menyatakan, dia mendukung adanya rencana untuk menyelidiki respons global terhadap virus corona yang mewabah sejak akhir Desember 2019.

Namun, presiden berusia 66 tahun itu menegaskan dia ingin agar investigasi itu baru dilakukan setelah virus bisa dikendalikan.

"China mendukung evaluasi komprehensif respons global terhadap wabah setelah mampu tertangani, untuk mengumpulkan pengalaman dan memperbaiki kekurangan," jelasnya.

Presiden yang menjabat sejak 2012 itu mengusulkan agar penyelidikan itu dilakukan secara profesional dan dipimpin Badan Kesehatan Dunia (WHO).

"Prinsip obyektivitas dan keadilan dari langkah ini haruslah dikedepankan," jelas presiden yang juga menjabat Sekretaris Jenderal Partai Komunis.

China berjanji membuat vaksin virus corona "barang global"

Presiden Xi Jinping dalam pertemuan virtual itu juga menyatakan, dia akan membuat vaksin Covid-19 sebagai "barang yang bisa dinikmati dunia" begitu ditemukan.

Sejauh ini, Negeri "Panda" dilaporkan sudah mempunyai lima kandidat vaksin virus corona yang saat ini berada dalam fase uji coba klinis.

"Setelah dilakukan penelitian dan pengembangan, vaksin ini akan siap digunakan dan segera dinikmati oleh dunia," papar Xi.

MISTERI Tewasnya Dubes China di Israel, Penyebab Kematian Belum Terungkap

Pengakuan Besar China, Hancurkan Sampel Awal Kemunculan Virus Corona Tetap Bantah Tuduhan Amerika

Dia menerangkan, langkah itu akan menjadi bukti bahwa mereka berkontribusi dalam memberikan akses pengobatan atas virus bernama resmi SARS-Cov-2 itu.

Dalam keterangan pakar, dibutuhkan waktu 12 hingga 18 bulan, bahkan bisa saja lebih lama, untuk menciptakan vaksin yang efektif.

Lebih lanjut, Beijing juga akan berkoordinasi dengan PBB untuk menciptakan jaringan kemanusiaan global, di mana mereka bisa menyalurkan bantuan ke seluruh dunia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul China Janjikan Bantuan Rp 29 Triliun untuk Perangi Covid-19

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved