Ramadhan 2020

Keutaaman Zakat dalam Membersihkan Harta, Terapkan Social Distancing Saat Menunaikannya

Dengan berzakat bertujuan membersihkan harta, mensucikan diri, serta berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan.

TRIBUNPONTIANAK/SEPTI DWISABRINA
Petugas Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Raya Mujahidin dan Muzakki sedang proses akad pembayaran zakat di Halaman Masjid Raya Mujahidin, Pontianak, belum lama ini. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Mengeluarkan zakat merupakan satu di antara rukun islam yang wajib ditunaikan setiap muslim telah memenuhi syarat wajib zakat.

Sejatinya zakat adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh umat muslim untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerima, seperti fakir miskin dan semacamnya, sesuai dengan yang ditetapkan oleh syariah.

Dengan berzakat bertujuan membersihkan harta, mensucikan diri, serta berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan.

Ketua Perguruan Mathla'ul Anwar Kalbar Drs. H. Momon Salmon MP.d menuturkan Allah SWT telah menyuruh umat muslim mengerjakan amalan yang menjadi kewajiban untuk dijalankan.

Syarat Bayar Zakat Fitrah dan Bacaan Niat Membayar Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri & Keluarga

"Salah satunya adalah mengeluarkan zakat bagi kita yang memiliki harta sesuai ketentuan, maka wajib untuk mengeluarkannya," ujarnya, Minggu (17/5/2020).

H. Momon pun membeberkan beberapa hikmah serta manfaat umat muslim yang menyalurkan zakat sebagai pembersih harta serta jiwa raga.

"Pembersih jiwa kita dari sifat kekikiran. Kemudian membersihkan harta kita dari harta yang tidak halal (haram). Allah SWT telah mengatakan, jika di dalam harta kita ada milik atau hak orang lain yang membutuhkan, sehingga harus kita keluarkan," jelasnya.

Lebih lanjut, H. Momon mengimbau kepada umat muslim yang hartanya telah mencapai syarat untuk berzakat.

Maka segeralah mengelurakan zakatnya, karena ini adalah kewajiban kita menjalankan perintah Allah SWT.

"Hendaknya kita segera melaksanakan perintah yang telah diberikan Allah kepada kita. Bahkan di situasi seperti saat ini, adanya pandemi Covid-19. Banyak yang terdampak dan membutuhkan," terangnya.

Halaman
123
Penulis: Septi Dwisabrina
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved